KKN Poltekkes Kemenkes Mataram, Kampanyekan Covid-19 di Pasar Mujur

Dibawah bimbingan kepala Puskesmas Mujur, kami sudah membagikan 1000 masker ke para pengunjung pasar

 Lombok Tengah (postkotantb.com) -  Kelompok Kerja Nyata (KKN) Poltekkes Kemenkes Mataram, bersama Puskesmas Mujur, Polsek dan Koramil 1620/08 Praya Timur Loteng, membagikan 1000 masker, sembari mengkampanyekan bahaya covid-19 ke pengunjung pasar Desa Mujur Kecamatan Praya Timur Loteng,  Sabtu (20/02).

Koordinator KKN Poltekkes Kemenkes Mataram Siti Maemunah mengatakan, salah satu langkah membantu pemerintah dalam menekan angka covid-19 di tengah masyarakat. Pihaknya bersama Puskesmas Mujur, Polsek dan Koramil Praya Timur, membagikan 1000 masker, baik ke para pedagang ataupun para pembeli.

KKN Poltekkes Kemenkes Mataram, saat membagikan masker ke para pengunjung di pasar Mujur
KKN Poltekkes Kemenkes Mataram, saat membagikan masker ke para pengunjung di pasar Mujur

"Dibawah bimbingan kepala Puskesmas Mujur, kami sudah membagikan 1000 masker ke para pengunjung pasar Mujur," katanya.

Selain membagikan masker lanjutnya mahasiswi kesehatan ini, pihaknya sudah meminta kepada seluruh anggota KKN, sembari membagikan masker, juga dilakukan kampanye kalau covid-19 sangat berbahaya untuk kesehatan dan covid-19 masih mengintai.

Dikatakan, memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang bahayanya covid-19, mengingat masyarakat sudah mulai cuek, acuh terhadap penyebaran virus tersebut.

Sehingga hal ini harus dicegah. "Selain pencegahan lewat pembagian masker gratis, memberikan pemahaman kepada masyarakat, itu juga lebih penting. Makanya saya minta sembari memberikan masker, memberikan sosialisasi bahaya covid-19 juga dilakukan," terangnya.

Ia menambahkan, selain hal di atas, program yang akan dilakukan selama KKN, akan melakukan program Senam ibu hamil, melakukan penyuluhan tentang covid-19 di lima Desa Binaan Puskesmas Mujur.

Diantaranya, Desa Mujur, Sukaraja, Marong, Kidang dan Desa Sengkerang.  
Selanjutnya program pemeriksaan HB, melakukan penyuluhan bahaya seks bebas dan pernikahan dini, untuk siswa SMA. Startegi upaya peningkatan kesehatan ibu hamil dan anak menuju generasi sehat di desa mujur dan beberapa program lainnya.

"Yang jelas, semua program yang kita laksanakan selama KKN, itu sesuai bimbingan dan arahan kepala Puskesmas Mujur," terangnya.

Dr. IGNB. Wira Parranatta mengaku menyambut baik program adik adik yang sedang KKN, utamanya membantu pemerintah dalam penekanan penyebaran covid-19, dengan cara membagikan masker di pasar Mujur.

KKN Poltekkes Kemenkes Mataram, berpoto bersama sebelum turun ke pasar Mujur, untuk membagi masker kemarin
KKN Poltekkes Kemenkes Mataram, berpoto bersama sebelum turun ke pasar Mujur, untuk membagi masker kemarin

"Setelah adik adik ini mau membagikan masker hari ini, saya langsung menyambut baik, lebihnya lagi hari ini hari pasar Desa Mujur, pastinya kunjungannya tinggi dan tepat waktunya membagikan masker," katanya

Diakuinya, akhir akhir ini masyarakat mulai acuh terhadap virus ini, padahal di Loteng dalam beberapa waktu terakhir ini, sudah ada yang meninggal positif covid-19, namun masyarakat masih menganggap itu hal sepele.

Terhadap hal itu, pihaknya menghimbau kepada seluruh masyarakat, untuk tetap menjaga kesehatan dengan cara, rajin rajin cuci tangan, hindari kerumunan dan menggunakan masker.

"Mari kita jangan pagah, taati himbauan pemerintah, biar virus ini segera berlalu, dan kehidupan kita kembali normal," pintanya. (AP)