Empat Sekolah Gandeng INOVASI Demi Wujudkan Mutu Pendidikan di Loteng,

Usai Acara sosialisasi kemitraan dibidang pendidikan tersebut, di pusatkan di aula MIN 4 Loteng, Senin (29/03).

Lombok Tengah (Postkotantb.com)-  Dalam guna mewujudkan mutu pendidikan di Lombok Tengah (Loteng), empat  sekolah di Loteng : MIN 4 Loteng, SDN 2 Batunyala, 3 Batunyala Kecamatan Praya Tengah dan SDN 2 Praya guna mensosialisasi kemitraan dibidang pendidikan tersebut, di pusatkan di aula MIN 4 Loteng, Senin (29/03).

Kepala MIN 4 Loteng Zulhadi mengatakan, dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan dasar. Khususnya di 4 lembaga pendidikan, pihaknya bersama kepala sekolah, SDN 2 Batunyala, 3 Batunyala dan 2 Praya, telah menggandeng inovasi.

"Sebelumnya Fasilitator Daerah (Fasda), telah melakukan penjaringan dan Alhamdulillah 4 lembaga pendidikan, masing masing MIN 4 Loteng dan SDN 2 Batunyala, 3 Batunyala serta SDN 2 Praya, ditunjuk melakukan sosialisasi dengan tema "semua anak cerdas pada guru sasaran"," katanya.

Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari, terhitung dari tanggal 27 hingga 29 Marat, dan berakhir kemarin. Dalam sosialisasi ini, diikuti 30 orang guru, diantaranya 13 dari MIN 4 Loteng dan 6 guru masing masing sekolah, sehingga berjumlah 30 orang.

Selanjutnya tujuan diadakan acara mensosialisasi kemitraan untuk mencerdaskan peserta didik, melalui peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) pendidik, sehingga nantinya para guru bisa memberikan pembelajaran kepada siswanya, terutama bagi siswa yang kurang literasi dan numerasi dasar.

"Pada intinya, sosialisasi pendidikan bekerjasama dengan inovasi guna menjadikan peserta didik lebih cerdas atau yang biasa disebut Cakep Literasi dan Numerasi Dasar (Cerdas)," paparnya.

Tambahnya lagi, pada dasarnya program Inovasi ini, diharapkan dapat mendorong peningkatan mutu pendidikan di Loteng, khususnya di empat lembaga pendidikan.

Adapun tujuan sosialisasi ini adalah  agar semua siswa memiliki keterampilan literasi dasar yang berkarakter dan para peserta di masing-masing sekolah diminta untuk melakukan persentasi hasil pemetaan kemampuan siswa serta mengelompokkannya, sehingga guru bisa mengambil kesimpulan dan memberikan pembelajaran maksimal, sehingga peserta didik lebih cerdas.

Harap kedepannya, kemitraan ini terus berjalan sesuai yang diharapkan, sehingga dapat  mendukung kemajuan pendidikan, khususnya di empat lembaga pendidikan ini dan umumnya di Loteng.

Sementara itu, Kepala SDN 2 Batunyala,  Ni Ketut Mayoni mengatakan, apa yang menjadi program inovasi, sangat tepat diterapkan, terutama bagi siswa yang memiliki kemampuan dasar pendidikan lemah.  Sehingga nantinya siswa tersebut bisa mensejajarkan diri dengan siswa yang lain, terutama dalam menerima materi pelajaran yang diberikan guru. (AP)