Optimis Budaya Lokal Tetap Moncer

Kepala Bidang Kebudayaan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) NTB, Fairuz Abadi

Lombok Tengah (postkotantb.com)- Kepala Bidang Kebudayaan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) NTB, Fairuz Abadi mengaku optimis, Kemajuan teknologi yang begitu pesat tidak dapat menggerus keutuhan budaya lokal peninggalan nenek moyang.

"Saya rasa, penafsiran orang tentang kebudayaan akan semakin tersisih dengan tekhnologi, itu salah. Malah saya oftimis ditengah kemajuan teknologi kebudayaan kita akan semakin Moncer," ungkapnya usai peresmian Aislah SMKN 1 Praya, Lombok Tengah, Sabtu (4/3).

Menurutnya, kemajuan teknologi bukanlah kendala. Malah sebaliknya, antara teknologi dan budaya akan saling mengisi. Karena Dikbud, telah melakukan beberapa langkah antisipasi. Yaitu perlindungan kebudayaan, pengembangan dan pemanfaatan kebudayaan.

"Dengan tiga sistem yang sudah dibentuk, kami yakin kebudayaan kita tetap aman," ungkapnya.

Dia menyebut salah satunya budaya begibung. Budaya ini telah lama punah. Namun roh begibung tetap melekat dalam diri dan bahkan, lebih sempurna dibarengi dengan kemajuan teknologi. "Budaya begibung, kendati ada perubahan disebabkan kemajuan zaman, namun roh atau namanya tetap melekat dengan bahasa begibung," terangnya.

Selanjutnya pengembangan kebudayaan. Dengan teknologi canggih kebudayaan yang ada semakin pesat kemajuannya, disebabkan faktor pendukung. Sehingga kebudayaan yang lamban maju, aksesnya semakin cepat diperkenalkan kepada masyarakat luas.

"Termasuk juga dengan  pemanfaatannya, ketika kebudayaan dibarengi dengan sarana dan prasarana yang lengkap, maka kebudayaan tersebut lebih cepat dinikmati manfaatnya oleh masyarakat luas," tutupnya.(AP)