Sambut MotoGP, AP I Lombok Bangun Komitmen Bersama Pembisnis Kargo

Agkasa Pura Usai melakukan pertemuan dengan pengusaha kargo

Lombok Tengah (Postkotantb.com)- Angkasa Pura (AP) I, Kantor Cabang Bandara Lombok, melakukan pertemuan dengan para pengusaha kargo yang tergabung dalam Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres, Pos, dan Logistik Indonesia (Asperindo) NTB, di ruang kerja terbuka kantor Administrasi Bandara Lombok di kabupaten Lombok Tengah (Loteng), Rabu, 31/3/2021.

Dalam pertemuannya itu untuk membangun komitmen bersama serta membahas potensi bisnis kargo dalam rangka menyambut ajang MotoGP yang direncanakan akan digelar pada akhir tahun 2021.

“Pertemuan ini penting untuk menyamakan persepsi, meng-update informasi, serta menyambut peluang dan prospek bisnis kargo khususnya di Bandara Lombok dalam menyambut ajang MotoGP Mandalika," ujar General Manager Bandara Lombok Nugroho Jati. 

Nugroho Jati memaparkan kesiapan bandara dalam menyambut gelaran MotoGP melalui beberapa proyek pengembangan Bandara Lombok.

"Menurut rencana, awal April ini tim Dorna Sports akan melakukan kunjungan ke Lombok dan meninjau kesiapan fasilitas MotoGP Mandalika. Salah satu aspek yang akan dicek adalah kesiapan fasilitas bandara. Saat ini progres pekerjaan perluasan terminal penumpang, perkerasan dan perpanjangan runway, perluasan apron, pembangunan fasilitas kargo, serta penataan area parkir dan pembangunan anjungan bagi pengunjung bandara masih on the track,” jelasnya. 

Khusus untuk runway, nantinya landas pacu Bandara Lombok yang memiliki panjang 3.300 meter akan mampu melayani pesawat sekelas Boeing-777, dimana jenis pesawat ini mampu menjangkau rute direct flight dari Lombok hingga London dan sebaliknya.

Lebih lanjut, kata Nugroho Jati, jangkauan rute internasional dari dan menuju Bandara Lombok akan semakin jauh. Untuk pengembangan fasilitas kargo, tengah dikerjakan akses jalan langsung menuju terminal kargo yang terpisah dari akses jalan penumpang umum.

"Ke depan akan diadakan focus group discussion (FGD) yang melibatkan Asperindo, mitra Ekspedisi Muatan Pesawat Udara (EMPU), serta maskapai penerbangan untuk mendorong penurunan biaya kargo dan logistik, sehingga bisa semakin menggairahkan trafik kargo dari dan menuju Bandara Lombok," terang Nugroho Jati.

Sementara, Ketua Asperindo NTB Hariyanto Chandra menyambut baik pertemuan dengan Angkasa Pura I Bandara Lombok dan banyak mendapatkan informasi kepada pihak Asperindro.

"Pertemuan ini sangat baik dan memberikan banyak informasi kepada pihak Asperindo. Kami berharap ajang pertemuan antara Angkasa Pura I dan mitra-mitra yang berkaitan dengan bisnis kargo seperti ini dapat dilakukan secara berkala," kata Hariyanto Chandra.

Dia berharap anggotanya dapat terlibat dan mengambil peran dalam meng-handling barang-barang keperluan MotoGP. (AP)