Peringati Hari Lahir Pancasila, Muspika Kecamatan Alas Laksanakan Gotong-Royong

GOTONG ROYONG: Camat Alas Lutfi Makki bersama muspika saat Gotong Royong bersihkan salah satu jembatan utama penghubung lintas Sumbawa Bima



Sumbawa Besar (Postkotntb.com)– Menyambut Hari Lahirnya Pancasila, Camat Alas Lutfi Makki bersama Muspika Kecamatan Alas, melaksanakan gotong-royong membersihkan Jembatan Warna-Warni lintas Sumbawa-Tano pada Selasa pagi, 1 Juni 2021.

Camat Alas M. Lutfi Makki mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan sebagai upaya menjaga kebersihan lingkungan. Mengingat di sekitar lokasi tersebut banyak sampah yang menggangu pemandangan.

Menurutnya, dalam ajaran agama, disebutkan bahwa kebersihan sebagian dari iman.

''Sesungguhnya Allah itu indah dan menyukai keindahan,'' kata Camat menukil sebuah hadist.



Merujuk dari kedua dalil tersebut, seharusnya kita mulai dari kebersihan diri kita sendiri, keluarga dan  lingkungan sekitar. Sehingga kita termasuk dari orang-orang yang mencintai kebersihan.

''Kebersihan itu menurut ilmu kesehatan merupakan pangkal dari kesehatan. Tentunya dengan menjaga kebersihan diri dan lingkungan agar terhidar dari segala macam penyakit,'' terang Lutfi Makki.

Danramil 04 Alas Kapten Inf. Armansyah saat dikonfirmasi via telepon mengatakan, gotong-royong membersihkan jembatan dan lingkungan merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh jajaran Koramil 04 Alas bersama Pemerintah Kecamatan dan Kades.

''Hal ini dilaksanakan sebagai bentuk silaturahmmi dan membudayakan semangat gotong-royong di wilayah Kecamatan Alas,'' ujar Danramil Ardianyah.

Adapun yang menjadi sasaran kegiatan ini yaitu membersihkan jembatan. Karena saat ini cuacanya masih belum turun hujan, sehingga warga berkesempatan membersihkan tempat-tempat rawan banjir.

''Gotong-royong ini berkaitan pula karena bertepatan dengan hari libur memperingati Hari Kesakitan Pancasila,'' ungkapnya.

Turut hadir pada kegiatan gotong-royong tersebut yakni Camat Alas M. Lutfi Makki, Bhabinsa, Kapolsek Alas AKP Joko KS Gatot beserta jajarannya, Kades beserta jajarannya, Ketua BPD dan anggota, Ketua RT, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, dan  Karang Taruna.

Di tempat terpisah, Ketua Karang Taruna Desa Luar Kecamatan Alas Dedi Irwansyah S. Pd menjelaskan, selaku pengurus Karang Taruna Desa Luar akan terus membuat terobosan kegiatan yang tujuannya untuk kemajuan masyarakat di Kecamatan Alas.

''Banyak yang kami rencanakan, baik terkait progres lingkungan, giat kepemudaan, keterampilan bahkan wirausaha. Semoga kedepannya kegiatan kami mendapat respon positif, baik dari masyarakat, Muspika maupun Pemerintah Kabupaten Sumbawa serta dinas terkait,'' kata Dedi Irwansyah S. Pd .(Lalu)