Bupati Lombok Utara Hadiri HUT Anak 2021

Lombok Utara (Postkotantb.com) - Bupati Lombok Utara H Djohan Sjamsu SH Bupati Lombok Utara Hadiri HUT Anak Nasional dengan tema Wujudkan Kabupaten Lombok Utara Layak Anak (30/7).

Pada kegiatan tersebut,  hadir pula Kepala Dinas DP3AP2KB NTB Ir Husnanidiaty Nurdin MM, Kadis Sosial dan PPPA KLU Drs Faesol MSi, Ketua Yayasan Peoples Liberation Army Navy (PLAN) Internasional Rizki Mahardika, para pengurus dan anggota Forum Anak se-Kabupaten Lombok Utara dan tamu undangan lainnya. Bupati Djohan menyampaikan mengapresiasi peringatan Hari Anak Nasional yang diselenggarakan oleh Forum Anak Nasional Lombok Utara atas kreasi dan kreatifitasnya melaksanakan kegiatan tersebut, walaupun dalam suasana Covid.

"Pemda mendukung sepenuhnya program Forum Anak di Lombok Utara, dalam upaya meningkatkan dan menjadikan KLU sebagai Kabupaten Layak Anak," tuturnya.

Dijelaskannya, Pemda, PLAN dan semua lembaga terkait perlu bersinergi dan berkolaborasi mendukung semua program anak hingga saatnya Lombok Utara sebagai Kabupaten Layak Anak. Mengingat masih tingginya kasus pernikahan usia dini atau di bawah umur berdampak pada tingginya angka stunting.

"Lombok Utara angka pernikahan usia dininya masih tinggi berakibat pada tingginya angka stunting berkisar 37,7 persen," tandasnya.

Selain itu, jelas bupati, perkembangan teknologi yang pesat menjadi kekhawatiran sendiri terhadap perkembangan anak. Akses segala hal dapat dengan cepat dan mudah namun butuh bimbingan lebih intensif.

"Kita inginkan ke depan orang tua dan pihak lainnya harus paham dengan situasi ini. Anak boleh dimanjakan namun tetap dalam bimbingan intensif," imbuhnya.

Sambung Bupati Djohan, usia anak sekolah maksimalkan untuk besekolah hendaknya jangan berfikir yang lain. Masa depan daerah, bangsa dan agama ada di tangan generasi penerusnya.

"Masa depan bangsa ada ditangan kalian anakku. Rajinlah bersekolah, rajinlah belajar apa saja dan sebagainya sesuai dengan kondisi kehidupan sehari-hari kita menuju Lombok Utara yang semakin maju. Manfaatkan kesempatan menjadi orang cerdas untuk memajukan daerah," imbuhnya.

Kesiapan generasi yang mampu secara mental, menuju generasi penerus yang berdaya dan adaptif terhadap semua kondisi. Rangkaian kegiatan berlangsung khidmat, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Acara dilanjutkan dengan pembagian hadiah lomba dialog dan diakhiri dengan foto bersama. (YN)