Bupati Djohan Buka Workshop LED

Lombok Utara (Postkotantb.com) - Pelaksanaan workshop penyampaian hasil implementasi program Lokal Economic Development (LED) kolaborasi kelompok dan masyarakat dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Lombok Utara (KLU) dibuka secara resmi oleh Bupati Lombok Utara H Djohan Sjamsu SH yang berlangsung di Aula Bupati setempat(6/10). Hadir pula Para Staf Ahli Bupati, Perwakilan PALUMA Yogyakarta, Perwakilan UNDP,Camat Bayan Denda Peniwarni SE,Kades Sambik Elen Muhammad Katur serta undangan lainnya.

Bupati Djohan menyampaikan acara Workshop sangat penting bagi masyarakat kita utamanya yang berada di Sambik Elen dalam rangka penyampaian hasil Implementasi dalam upaya peningkatan kapasitas  di wilayah paling ujung timur KLU di bawah binaan UNDP dan Paluma.

"Pemda sangat mengapresiasi kegiatan yang di inisiasi oleh Paluma dan UNDP dalam rangka pendampingan dan membina UMKM yang ada di Desa Sambik Elen"tuturnya.

Pemulihan pasca gempa 2018 yang meluluh lantahkan seluruh sarana perasarana yang ada KLU  yang sampai hari ini belum seluruhnya terbangun kembali terlebih  pada Tahun 2020 bencana non alam pandemi Covid-19 melanda kita semua tentu kondisi ini memberikan dampak yang cukup siknipikan bagi proses pembangunan didaerah.

Pandemi juga berdampak pada UMKM dan perekonomian daerah  mengalami keterpurukan hanya yang masih bertahan sektor pertanian. 

"harapan saya untuk masyarakat yang ada di Desa Sambik Elen porgram pendampingan yang dilakukan oleh Paluma dan lainya  tidak berhenti dan bisa berkelanjutan,"harapnya.

Pemda mendukung sepenuhnya atas ikhtiar dan program dalam rangka mengembalikan semangat masyarakat untuk kembali berusaha dan berikhtiar membangun ekonomi untuk menunjang kehidupan keluarga serta lainya.

Potensi desa wisata di KLU  sangat bagus tinggal bagaimana dikelola dengan baik dan sungguh-sungguh kedepanya juga produk UMKM yang di hasilkan bisa dipasarkan.

Sementara itu Kepala Desa Sambik Elen Muhammad Katur dalam laporannya menyampaikan dengan kehadiran Paluma selama dua tahun telah mampu memperlihatkan dampak positif bagi masyarakat Sambik Elen

 "Berkat pendampingan dari Paluama dan UNDP banyak hal yang masyarakat kami kembangkan mulai dari pembinaan UMKM, SDM, sumber daya alam serta lainnya yang berpotensi meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat kami,"ungakpya.

Semua UMKM Desa Sambik Elen ikut serta pada workshop, kedepanya kita memerlukan sistem pengelolaan pembangunan  yang baik khususnya di desa dan peran pemda didalamnya sangat penting dikarenakan  pendampingan dari Paluma desa sambik elen telah melahirkan setidak ada 6 Perdes yang bertujuan untuk mendukung kegiatan serta melaksanakan program.

"Terimakasih kepada Paluma dan UNDP serta lainya yang selama ini melakukan pendampingan pada masyarakat kami,"pungkasnya. (YN)