Bupati Djohan Terima Kunker Dirjen Kebudayaan Kemendikbud Ristek RI

Lombok Utara (Postkotantb.com) -Bupati Lombok Utara H Djohan Sjamsu SH menerima Kunjungan Kerja Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi RI Hilmar Farid PhD, bertempat di Pendopo Bupati Lombok Utara Gangga Senin(18/10) Hadir pula para kepala OPD,Tokoh Adat,serta lainya.

Bupati Djohan Menyambut baik  atas kunjungan kerja dirjen Kebudayaan di KLU semoga silaturahmi dengan Pemda dan masyarakat adat serta budayawan tetap berkelanjutan.

Dengan banyak suku,adat dan budaya yang berkembang di Indonesia  termasuk didaerah kita serta mendapatkan pengakuan oleh negara.

"Komitmen kami didaerah terhadap adat-istiadat serta budaya diperkuat dengan Perda no 6 Tahun 2020 hal ini menunjukkan  keberadaan adat istiadat tidak bisa dipisahkan dari daerah,"tuturnya.

Lombok Utara atau lebih dikenal dengan masyarakat Dayan Gunung memiliki ciri khas budaya tersendiri sedikit berbeda dengan daerah lainnya dan adat budaya didaerah kita menjadi khasanah kekayaan budaya.

"Kuatnya tradisi adat masyarakat di Lombok Utara yang dipelihara  oleh masyarakat adat secara utuh dan turun menurun hingga kini"ungkapnya.

Dalam Pada Itu Dirjen Kebudayaan Hilmar Farid menyampaikan dengan diikatkan sapuq (ikat kepala) sebagai tandanya diterima sebagai warga masyarakat Lombok Utara atau dayan gunung ini.

"Kegiatan ini menunjukkan komitmen bersama antara Pemerintah daerah bersama masyarakat  dalam upaya memajukan kebudayaan didaerah kita ini,"ungkapnya

Adat dan budaya memiliki peran penting di tengah masyarakat terlebih dimasa  krisis yang kita hadapi saat ini akibat gempa dan pandemi namun adat istiadat dimasyarakat tetap utuh meskipun dengan banyak tantangan dari masa ke masa 

"Indonesia adalah negara dengan keanekaragaman hayati dan budaya yang paling tinggi di dunia jika keduanya digabungkan maka  akan menghasilkan suatu matrik yang luar biasa yaitu bio curtural,"jelasnya. (YN)