SMKN 1 Janapria, Lahirkan Konsep Merdeka Belajar


 
LOTENG, (postkotantb.com) - Menciptakan kesejukan dan ketenangan dalam belajar, tentunya pemenuhan sarana dan prasarana menentukan.

Oleh karenanya, di tahun pertama menjadi kepala di SMKN 1 Janapria, akan terfokus melakukan Pembenahan pisik dan tata ruang sekolah, guna menciptakan kenyamanan dalam Proses Belajar dan Mengajar (PBM).

Demikian dikatakan Kepala SMKN 1 Janapria Lombok Tengah (Loteng) M. Royani Jauhari kemarin.

Mengedepankan pembenahan pisik dan sarana prasarana sekolah lanjut putra daerah Lombok Timur ini, sebab dengan sendirinya rasa nyaman terhadap diri siswa akan terbentuk, artinya mereka akan lebih terfokus belajar, tanpa ada embel embel atau kekhawatiran.

"Jika sudah nyaman, pasti mereka akan fokus belajar dan hal ini bukan hanya bisa terjadi di siswa saja, namun siapapun, termasuk saya sendiri jika rasa aman dan nyaman, pasti saya akan terfokus berbuat," ungkapnya.

Apa yang ia rasakan lanjutnya, itu ia telurkan di sekolah, sehingga itu menjadi obyek utama di tahun pertama sebagai kepala sekolah.

Selain hal diatas, sesuai dengan nama sekolah kejuruan konsep pendidikan juga sudah ia rancang. Dimana konsep pendidikan 70 persen praktik dan 30 persen teori.

Mensukseskan hal itu, tentunya butuh kebersamaan, oleh karenanya program yang sudah dicanangkan, sebelumnya sudah melakukan rembuk bersama, sehingga itu disetujui dan action.

Dikatakan, jurusan yang dibuka di SMKN 1 Janapria, tak jauh beda dengan sejumlah sekolah kejuruan lainnya.

Seperti jurusan perhotelan, percetakan, multimedia, usaha perjalanan wisata, tata boga, teknik bisnis sepeda motor dan lainnya. (AP)