Diskanlut Loteng Ingatkan Puncak Hujan Belum Tiba

 

LOTENG, (postkotantb.com) - Intensitas hujan akhir akhir ini cukup deras dan sejumlah wilayah di Lombok Tengah (Loteng), sempat tergenang dan meresahkan masyarakat.

Tergenangnya sejumlah wilayah tersebut, harus diwaspadai sebab puncak hujan jatuh antara akhir Desember dan awal Januari 2022 mendatang.

"Genangan air yang telah membuat masyarakat resah, ini harus dijadikan pelajaran untuk kita tetap waspada. Sebab sesuai rilis BMKG puncak hujan akan terjadi di akhir Desember dan awal Januari 2022 mendatang," kata Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanlut) Loteng Kamrin, Selasa (7/12).

Dikatakan, siklus alam yang tidak menentu, ini bisa membuat pasang surut laut dan intensitas hujan cukup deras bisa terjadi. Dan jika ini terjadi, bisa membuat banjir, terutama di wilayah yang memiliki aliran sungai besar, seperti yang ada di wilayah Awang Desa Mertak, Dusun Pasung Desa Bangket Parak Kecamatan Pujut dan Desa Kidang Kecamatan Praya Timur.

Dimana ditempat ini, khususnya di Dusun Pasung Desa Bangket Parak, bisa dibilang setiap tahun selalu langganan banjir. "Kita tak pungkiri, di Dusun Pasung setiap  tahun selalu jadi langganan Banjir," terangnya.

Jadi langganan Banjir lanjutnya, disaat bersamaan air laut naik dan kiriman air dari hulu cukup deras, dan bertemu di wilayah Pasung, sehingga hal inilah yang menyebabkan wilayah ini sering jadi langganan banjir. 

Oleh karenanya pihaknya berharap, khusus akhir tahun dan awal tahun mendatang, untuk lebih waspada. "Sedia payung sebelum hujan itu penting, oleh karenanya saya berharap di akhir tahun dan awal tahun mendatang masyarakat lebih waspada, terutama di wilayah Pasung dan sekitarnya," ungkapnya.

Diakuinya, sejumlah tanggul pengaman disekitarnya sudah diperbaiki, kendati demikian kewaspadaan harus tetap diutamakan. (AP)