Breaking News

Sekolah Dasar Negeri 01 dan 02 Gontar Kecamatan Alas Barat, Laksanakan Vaksinas Anak Usia 6 - 11 Tahun

 




Kepala Sekolah SDN 01 Gontar Musa dan bhabinsa saat mendampingi para siswa yang sedang  di vaksin


Sumbawa Besar, (postkotantb.com) - 146 siswa SDN 01 Gontar Kecamatan Alas Barat melaksanakan Vaksinasi Covid 19 yang berlangsung di Sekolah setempat, Rabu (02/02/22).

Rabu pekan pertama Februari pihak sekolah bekerja sama dengan puskesmas Alas Barat melaksanakan vaksinasi covid-19, bagi seluruh siswa yang yang berumur 6 - 11 tahun .Jenis vaksin yang di gunakan adalah jenis sinovac.

Sosialisasi kepada orang tua siswa, telah dilaksanak terkait pelaksanaan vaksinasi untuk anak usia sekolah dasar.
Sebelum pelaksanaan suntik vaksin pihak sekolah terlebih dahulu memberikan edukasi dan sosialisasi kepada wali murid.

Hal ini di lakukan agar orang tua paham betapa pentingnya vaksinasi covid-19 bagi anak-anak untuk kekebalan tubuh.

Adapun yang perlu di persiapkan dalam vaksinasi ini adalah kartu keluarga serta sertifikat vaksin orang tuanya. Dalam pelaksanaannya di mohon orang tua agar ikut mendampingi dan memberi motivasi kepada putra putrinya.

Screening akan dilakukan sebelumnya untuk menentukan layak tidaknya si anak untuk disuntik vaksin.

Kepala SDN 01 Gontar Musa S.Pd, mengapresiasi kepada seeluruh orang tua siswa yang telah  bekerja sama dengan pihak sekolah, sehingga pelaksanaan vaksinasi ini berjalan dengan sukses dan lancar sesyai rencana.

Kasek menjelaskan,sebelum masuk ruang pendataan, anak-anak dan pendamping diminta untuk menunggu, demi menghindari adanya kerumunan dan dilakukan pendataan awal, yaitu pengecekan suhu. Dalam melaksanakan vaksinasi, telah tersedia beberapa ruangan untuk poises vaksin , yakni ruang pendataan, ruang tunggu, ruang vaksinasi serta ruang observasi. Pemberian suntikan vaksin sinovac kepada Siswa.

Sementara Musa S.Pd juga menegaskan, bahwa pelaksanaan vaksin ini tidak ada paksaan , ini murni dilakukan atas izin dari orang tua murid karena kesadaran sendiri. “Tidak ada paksaan, ada orang tua yang tudak memberi izin, ya tidak apa-apa,” ungkap Musa kepada Postkotantb.com di sela sela kegiatan vaksin.

Adapun, pelaksanaan vaksinasi ini bekerjasama dengan pihak Puskesmas. Semua petugas berasal dari muspika ikut turun sebagai vaksinator.

Lanjut Musa,  dari 146 jumlah siswa yang ada di SDN 01 Gontar, yang sudah mendapatkan vaksinasi berjumlah 143 orang, dan 3 orang siswa gagal (tertunda) vaksin akibat faktor Kesehatan,terangnya.

Terpisah,  SDN 02 Gontar,juga melaksanakan vaksinasi dengan target 197 siswa.Menurut Kepala SDN 02 Gontar Asmawati S.Pd, dari 197 Siswa yang sudah di vaksin berjumlah 183 siswa, dan sisanya tertunda berjumlah 14 siswa. 2 karena faktor Kesehatan dan 12 siswa penolakan dari orang tuanya.ujar Asmawati



Kepala SDN 02 Gontar Alas Barat Asmawati.S.Pd sedang mendampingi siswa yang sedang di vaksin

 

" Kami pihak sekolah akan terus berupaya melakukan pendekatan dan memberikan pemahaman kepada orang tua siswa yang menolak anaknya di vaksin, namun apabila langkah atau sikap yang kita ambil masih juga tidak membuahkan hasil, maka kami pihak sekolah tidak bisa memaksa, "tukasnya.

Pelaksanaan vaksin dihadiri dan didampingi oleh Pihak TNI - Polri, Tim Kesehatan, Kepala Sekolah beserta dewan guru di masing masing sekolah dan para orang tua walu murid
.(Lalu).

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close