Breaking News

Unit Bahasa Poltekpar Lombok, Berikan Pelatihan Basing ke Kepolisian Loteng

 


Loteng, (postkotantb.com) - Unit Bahasa Poltekpar Lombok, berikan pelatihan dan pemahaman tentang penguasaan berbahasa Inggris, terutama bagi personil Kepolisian Polres Lombok Tengah (Loteng), khususnya yang ditugaskan di sekitar Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Ahad (6/2).

Freetest Conversation, langsung di isi instruktur Abdul Hanan, S.Pd, M.Pd, Dosen Poltekpar Lombok. Kepada Postkotantb.com usai acara mengatakan, pelatihan dan peningkatan kemampuan bahasa Inggris bagi anggota polres Loteng yang akan ditugaskan di MotoGP, sebagai salah satu bentuk, sinergitas antara aparat kepolisian dengan pihak poltekpar Lombok.

"Di KEK Mandalika nantinya, khususnya saat gelaran MotoGP, semua negara di seluruh belahan dunia akan hadir, dan tentunya mereka akan menggunakan bahasa Inggris, sehingga bagi kami di poltekpar Lombok, menguasai bahasa Inggris terutama aparat kepolisian yang bertugas di sekitarnya, bahasa Inggris paling bermanfaat," katanya.

Sebab lanjut putra Praya Timur ini, bahasa Inggris atau satunya alat komunikasi yang akan mereka pergunakan oleh para tamu dari mancanegara, sehingga aparat kepolisian paling tidak memahami apa yang menjadi keinginan dan kebutuhan para tamu tersebut di lapangan.

"Pelatihan ini tidak bersifat mengikat atau semua aparat harus mahir berbahasa Inggris, namun paling tidak apa yang menjadi tujuan dan keinginan para tamu, aparat kepolisian sudah dipahaminya," terangnya.

Kegiatan ini sebenarnya sudah dilaksanakan selama tiga hari dan hari ini langsung dipraktekkan di lapangan. Yakni di lapangan Kute dan tanjung An.

"Apa yang kita lakukan ini bagian dari kerjasama pengabdian unit Bahasa Poltekpar Lombok kepada anggota polres Loteng," tutupnya.

Sementara itu Kapolres Loteng AKBP Heri Indra Cahyono mengatakan, dalam event dunia ini, aparat kepolisian harus mampu tampil dalam segala lini, mulai dari menjaga keamanan dan Ketertiban Masyarakat, termasuk mampu menguasai Bahasa Inggris.

"Peserta pelatihan bahasa Inggris ini di ikuti 52 Personil" ungkapnya.

Dikatakan, Bahasa merupakan kunci utama dalam melaksanakan komunikasi terlebih lagi di wilayah di Loteng telah dibangun KEK Mandalika yang didalamnya telah dibangun Pertamina Internasional Street Sirkuit Mandalika yang setiap tahunnya akan digelar event balap motor bertaraf Internasional seperti WSBK dan MottoGP.

Tugas pokok kepolisian yakni melayani, mengayomi dan melindungi, bagaimana kita dapat memberikan pelayanan kepada wisatawan asing apabila keahlian berbahasa Personil tidak baik, sehingga pelatihan bahasa Inggris ini sangat bermanfaat bagi menunjang pelaksanaan tugas Polres Loteng kedepan, dalam menunjang kemajuan Pariwisata di Loteng yang menjadi satu satunya Daerah yang memiliki Destinasi super prioritas Presiden RI.

"Terima kasih kepada para instruktur yakni Dosen Poltekpar Lombok, semoga sinergitas antara Polres Loteng dengan Poltekpar Lombok dapat terjaga dengan baik," katanya. "Perlunya pelatihan Bahasa Asing bagi jajaran Polres Loteng dapat dilaksanakan secara rutin guna meningkatkan kemampuan berbahasa asing bagi personil Polres Loteng dalam menunjang event Internasional di Wilayah Loteng," tutup Kapolres (AP)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close