Breaking News

Menuju Desa Lantan Subur Makmur, 1000 Bibit Buah Dibagikan Tim Monev KKN-PPM XV Unizar

 


Lombok Tengah,  (postkotantb.com) - Di sela Kunjungan tim Monev KKN-PPM XV Universitas Islam Al Azhar (Unizar) Mataram ke posko KKN-PPM XV kelompok VI Desa Lantan Kecamatan Batukliang Utara Lombok Tengah (Loteng), Sabtu lalu.

Tim monev, memberikan kado, berupa bibit buah sebanyak 1000 bibit. Pemberian kado berupa bibit buah tersebut, guna menjadikan Desa Lantan lebih subur makmur.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Kepala LPPM Unizar Mataram, dr. Halia Wanadiatri, Wakil rektor II Siti Ruqayyah,wakil rektor III
Fathurrahman, beserta tim dan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Hafizatul Ulum. Hadir juga 10 Kepala Dusun (Kadus) se Desa Lantan.

dr. Halia Wanadiatri dalam arahannya mengatakan, memilih bibit buah sebagai kado yang diberikan keluarga besar Unizar Mataram, mengingat Desa Lantan merupakan salah satu desa yang masuk ke wilayah kaki gunung rinjani. Oleh karena itu, melakukan penanaman buah, sangat tepat, karena siklus tanahnya yang begitu subur, dan pemberian bibit buah dinilainya tidak akan sia sia. "Kami ingin berbuat untuk jangka panjang di Desa Lantan, karena desa ini masuk desa yang subur, sehingga kami sepakat memilih bibit buah yang nantinya dan akan tumbuh besar, dan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat banyak dengan waktu yang panjang," Katanya, Ahad (14/8).

Adapun 1000 bibit buah tersebut lanjutnya diantaranya, bibit buah durian, kayu putih, jahe merah, markisa dan yang lainnya. "Kita berharap ini bermanfaat bagi masyarakat Desa Lantan dan bermanfaat bagi lingkungan khususnya untuk kelangsungan sumber daya air seperti menjaga kualitas air, mencegah erosi, mencegah banjir, dan mengontrol iklim, serta memberi manfaat nyata bagi masyarakat," Sambung Kepala LPPM Unizar Mataram.

Selain bisa dinikmati oleh masyarakat, memberikan bibit sebagai salah satu pembelajaran bagi dan pengalaman bagi adik adik mahasiswa, betapa pentingnya menyelamatkan alam, dengan cara melakukan penghijauan, sehingga pengembangan dan pengimplementasian ilmu pengetahuan, bisa dilakukan selepas mereka nantinya kembali ke masyarakat.

"Di samping bermanfaat untuk masyarakat Desa Lantan, ini juga bagian dari pembelajaran bagi mahasiswa,” ujarnya.

Senada juga dikatakan Siti Ruqayyah selaku wakil rektor II, dengan adanya monev ini, ia berharap para mahasiswa akan menjadi lebih bersemangat dan sungguh-sungguh dalam merealisasikan program-program yang dicanangkan

Sementara itu, Musmiratul Uyun selaku tim monev menjelaskan evaluasi yang ditekankan kepada para mahasiswa, di antaranya adalah tentang progres dari kinerja dan catatan harian dari  kelompok VI desa lantan  “Kita ingin agar pelaksanaan KKN di lapangan berjalan dengan efektif dan sesuai dengan program yang telah dicanangkan sejak awal, dan juga kami mengingatkan agar para mahasiswa tetap menjaga sikap dan nama baik almamater selama kegiatan KKN berlangsung,” tuturnya.

Ia juga mengharapkan agar mahasiswa tetap memperhatikan kesehatan diri selama mengikuti KKN, agar dapat berjalan dengan baik hingga akhir kegiatan.

"Kami berharal, monev kali ini sebagai upaya agar program KKN PPM VX Unizar dapat berjalan sesuai rencana dan masyarakat desa Lantan mendapatkan manfaat sesuai dengan tujuan dari program KKN PPM, " Ujar
Dosen pembimbing lapangan KKN Hafizatul Ulum.

Pantauan Postkotantb, Pertemuan tersebut dilaksanakan di Posko KKN kelompok VI di Dusun Lantan Daya  selain membahas program kerja dan laporan hasil kerja kelompok VI KKN -PPM XV UNIZAR juga melakukan program Penghijauan yaitu penyerahan 1000 bibit, yang di serahkan langsung wakil rektor III bapak Fathurraman. (Ap)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close