Breaking News

Buka STQ Kecamatan Selong, Bupati: STQ Kecamatan Rasa Kabupaten

 


Lombok Timur, (postkotantb.com) - Bupati Lombok Timur, HM Sukiman Azmy membuka Seleksi Tilawatil Quran (STQ) ke-27 tingkat Kecamatan Selong, Ahad (25/9).Peserta dalam STQ kali ini berjumlah 152 orang yang merupakan perwakilan 11 kelurahan dan 1 desa di Kecamatan Selong.

Dalam pembukaan, Bupati menyampaikan apresiasinya kepada Camat Selong beserta jajarannya karena sudah berhasil menggelar kegiatan tersebut.

“STQ tingkat kecamatan, tapi rasa kabupaten,” ungkap Bupati bangga.


Kebanggaan Bupati karena kegiatan ini disambut antusias masyarakat setempat. Begitupun dengan jumlah pesertanya yang banyak. Di sisi lain Kota Selong menjadi barometer di Gumi Patuh Karya.

“Di Selong ini berkumpul orang-orang besar, oleh karena itu sudah seharusnya Kecamatan Selong menjadi penyelenggara terbaik STQ tingkat Kecamatan di Lombok Timur,” ujarnya.

Lanjut Bupati, ada tujuh kewajiban umat Islam terhadap Al-Quran. Pertama, meyakini kebenaran yang terkandung dalam Al-Quran. Kedua adalah membaca Al-Quran, Bupati menyebutkan salah satu riwayat hadis Rasulullah SAW yang berisi

“Orang yang membaca Al-Quran dengan lancar, maka kehidupannya akan dikawal oleh malaikat. Orang yang membaca Al-Quran dengan terbata-bata, maka akan diberikan dua pahala. Bila perlu 1 juz 1 hari,” ajaknya.


Adapun kewajiban ketiga adalah memahami isi kandungan Al-Quran dan mempelajari tentang kitab tersebut. Keempat menghafalkan Al-Quran. Kelima adalah mengamalkan Al-Quran.

Dijelaskan Bupati, tak hanya mendengarkan atau membaca tetapi juga mengamalkan isi kitab suci tersebut. Selanjutnya keenam adalah mensyiarkan Al-Quran, dan ketujuh adalah membela Al-Quran.

Terakhir, Bupati pun berpesan agar kegiatan itu dikawal hingga akhir sehingga dapat berjalan dengan lancar. Ia juga berpesan kepada para dewan hakim yang diberikan tanggung jawab supaya memberikan nilai yang objektif untuk peserta agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dikemudian hari.

Pembukaan kegiatan itu ditandai dengan penekan tombol sirine oleh Bupati dan unsur Forkopimcam Selong. Kegiatan yang bertempat di Masjid Al-Furqan, Rakam itu dihadiri oleh sejumlah pimpinan OPD, Frokopimda, serta tokoh agama dan masyarakat setempat. (Mul)

Kafilah STQ Kelurahan/Desa tingkat Kecamatan Selong:

Kelurahan Sandubaya 15 peserta
Kelurahan Majidi 13 peserta
Kelurahan Sekarteja 19 peserta
Kelurahan Kelayu Utara 11 peserta
Kelurahan Rakam 12 peserta
Kelurahan Pancor 17 peserta
Kelurahan Kembang Sari 11 peserta
Kelurahan Kelayu Selatan 7 peserta
Kelurahan Kelayu Jorong 14 peserta8
Kelurahan Selong 12 peserta
Kelurahan Denggen 7 peserta
Desa Denggen Timur 14 peserta (Mul)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close