Breaking News

SMPN 1 Praya Terapkan Kurikulum Merdeka, Ini Penjelasan Kasek Wiresane

 


Lombok Tengah, (postkotantb.com) - Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) sebagai implementasi kurikulum merdeka, terus digaungkan SMPN 1 Praya Lombok Tengah (Loteng).

P5, merupakan pembelajaran lintas disiplin ilmu dalam mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitar untuk menguatkan berbagai kompetensi dalam profil pelajar Pancasila

Kepala SMPN 1 Praya Wiresane menjelaskan, sebagai sekolah yang ditunjuk menerapkan kurikulum merdeka.Pihaknya bersama stock holder terus melakukan penyeimbangan, mengingat kurikulum merdeka berbeda dengan kurikulum sebelumnya, sehingga siswa harus diberikan pemahaman, agar penerapan kurikulum merdeka di SMPN 1 Praya lancar.

"Hal yang baru pasti butuh kesabaran dan pemahaman, makanya kita sedang mengupayakan dan memberikan pemahaman kepada siswa, tentang kurikulum merdeka ini," Katanya, Jum'at (30/9/22)

Ada beberapa hal titik tekan dalam kurikulum merdeka ini diantaranya,
Melatih anak anak untuk kompak, kebersamaan mencapai tujuan. Implementasi dari kekompakan untuk mencapai tujuan, seperti permainan memindahkan tapak kaki dengan cara diinjak. Dimana satu regu anggotanya 3 orang, mereka berusaha memindahkan tapak kaki tersebut ke tempat yang lain.

Dengan bekal kekompakan, tapi kaki tersebut akan bisa di pindahkan ke tempat yang lain.

Selain itu lanjutnya, beberapa program juga sudah dilakukan selama dua minggu, program tersebut erat kaitannya dengan implementasi kurikulum merdeka.

Seperti, penanaman kewirausahaan sejak dini, dengan tujuan setelah mereka  tamat mereka sudah bisa membuka usaha. "Untuk wirausaha, kita fokus pada usaha kuliner Sasak," ujarnya.

Selanjutnya membangun kreatif dan terampil, membangun karakter,beriman, mandiri dan gotong-royong kebhinekaan global bernalar kritis, kreatif.

"Dari semua yang kita lakukan, sebelumnya kita berikan kepada siswa untuk belajar, bagaimana tekhnik menggali informasi langsung ke sumber belajar lewat online.Dari hasil kajian tersebut, baru mereka bisa merencanakan apa nyang akan dibuat, kapan dilaksanakan dan melaksanakan," tandasnya. (Ap)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close