Breaking News

Lobar Urutan Kedua Tuntaskan 5 Pilar STBM

Dok. DISKOMINFOTIK NTB.

Lobar (postkotantb.com)- Wakil Gubernur (Wagub) NTB, Hj. Sitti Rohmi Djalilah, menyampaikan apresiasi atas upaya Kabupaten Lombok Barat (Lobar), menuntaskan 5 pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM). Keberhasilan tersebut, menurut dia, didorong dengan komitmen yang kuat dalam melaksanakan 5 pilar STBM.

"Melakukan sesuatu dengan komitmen yang tinggi, melakukan deklarasi, menyatakan kesiapan, kesungguh - sungguhan untuk  mengeksekusi suatu program itu tidak mudah, namun Lombok Barat membuktikannya," tutur Umi Rohmi, sapaan Wagub NTB.

Keberhasilan ini pula, yang menempatkan Lobar, menjadi kabupaten kedua, setelah Kabupaten Sumbawa Barat yang tuntas 5 Pilar STBM. Hal ini akan menjadi pemicu semangat bagi daerah lain untuk segera melakukan deklarasi.

"Lobar menjadi salah satu pioner di NTB dan akan memberikan semangat bagi kabupaten kota yang lain," ungkapnya.

Diakui Umi Rohmi, bahwa penerapan hidup sehat tidak hanya dilakukan dilingkungan rumah sjaa, tetapi di lingkungan sekolah juga sangat penting. Pemprov NTB juga terus berupaya mewujudkan NTB Sehat dan Cerdas melalui lingkungan sekolah.  

"SMA, SMK dan SLB sudah ada intruksi Gubernur NTB. Yaitu sekolah bersih dan sehat. Di sekolah, pengelolaan sampah sudah teratur dan penghijauan di lingkungan sekolah sudah berjalan," bebernya.

Sementara itu, Bupati Lobar, Fauzan Khalid memaparkan bahwa komitmen Lobar menuntaskan 5 pilar STBM, telah dilakukan secara berkelanjutan, dengan pengawasan yang rutin. Dia berharap, hal ini dapat diterapkan oleh masyarakat.

"Kita lakukan secara berkelanjutan dengan usaha, rutin di kontrol dan diawasi agar 5 Pilar STBM ini tidak hanya di atas kertas," harapnya.

Dalam kegiatan tersebut turut hadir, Asisten 1 Setda Provinsi NTB, Kepala Bappeda Provinsi NTB, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Barat dan seluruh stakeholder terkait dan bekerjasama dengan Pemda Lobar, Gerakan Maysarakat Hidup Sehat (Germas), STBM, Yayasan PLAN Internasional Indonesia. (DISKOMINFOTIK NTB/RIN)

 

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close