Breaking News

Antisipasi Cuaca Ekstrem Saat Nataru, BPBD Sumbawa Bersama ORARI Siagakan Tim 24 Jam

 


Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sumbawa, M.Nur Hidayat.ST


Sumbawa Besar, (postkotantb.com) - Badan Penanggulangan Bencana Sumbawa menyiagakan Tim Reaksi Cepat (TRC) 24 jam di pusat komando dan kelurahan dan desa untuk memantau potensi cuaca ekstrim saat Natal dan malam Tahun Baru 2023.

"BPBD bekerja sama dengan ORARI Lokal Sumbawa lewat Command center dan Pusdalops. Jaringan komunikasi yang sudah digelar di beberapa kecamatan, kelurahan dan desa bersama ORARI untuk memantau dan kondisi wilayah selama 24 jam," kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sumbawa, M. Nur Hidayat S.T, Jumat (30/12/2022).

Nur Hidayat menjelaskan, tim yang disiapkan tersebut memantau kondisi wilayah, termasuk desa dan kelurahan. Tugasnya, untuk bersiaga mempersiapkan logistik peralatan untuk penanganan dampak apabila terjadi bencana alam akibat cuaca ekstrim.

"Secara rutin kami selalu menginformasikan rilis BMKG yang nantinya kami dengan Kominfo menginformasikan perkembangan cuaca dan berkordinasi lewat komunikasi Radio bersama ORARI tentang perkembangan cuaca di setiap kecamatan, desa dan kelurahan, khususnya jelang malam tahun baru," katanya.

Di tempat yang berbeda, Ketua ORARI Lokal, Sumbawa, M. Sagenta S.H. menyampaikan apresiasinya kepada Kalak BPBD Kabupaten Sumbawa yang telah membangun sinergitas bersama ORARI Sumbawa. Kerjasama ini kata dia, tindaklanjut terhadap Nota Kesepahaman BNPB dengan ORARI, NOMOR: MoU 338/BNPB/XI/2016 dan NOMOR : KEP - 009/OP/KU/XI/2016 tentang Penanggulangan Bencana.

Selain itu lanjut dia, kerjasama ini juga salah satu implementasi dari TELEGRAM ORARI PUSAT NOMOR : 344/ORPUS /XII/2022. Sehingga ORARI Daerah di Indonesia bersinergi dengan pihak terkait, seperti DIRJEN SDPPI, BNPB, SATGAS Covid-19, Nusantara Net, BASARNAS, BMKG, dan BRIN.

"Dengan memperhatikan peraturan Menteri Kominfo No. 17 Tahun 2018 KMA Surat edaran Satgas Covid 19 KMA, diinstruksikan kepada ketua ORARI Daerah seluruh Indonesia, untuk dapat menggelar dukungan komunikasi Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, terhitung 22 Desember 2022 sampai 3 Januari 2023," tutup Sagenta. (Well)

0 Komentar

Posting Komentar
DISCLAIMER: POST KOTA NTB menggunakan iklan pihak ketiga ADSTERRA. Kami tidak bisa sepenuhnya mengatur tayangan iklan. Jika muncul tayangan iklan yang dianggap melanggar ketentuan, harap hubungi kami untuk kami tindaklanjuti.

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close