Breaking News

BSF Lingsar Didorong Jadi Central Edukasi Maggot

Dok. DISKOMINFOTIK NTB.

Lobar (postkotantb.com)- Wakil Gubernur NTB Dr.Hj. Sitti Rohmi Djalilah, M.Pd mendorong Pengolahan Sampah Organik Metode Biokonversi Black Soldier Fly (BSF) dijadikan central Edukasi Maggot bagi masyarakat.

Produk berupa maggot yang dihasilkan BSF Lingsar diupayakan menjadi sejumlah jenis seperti maggot basah, kering dan tepung. Semua itu menjadi potensi ekonomi yang besar jika dikelola dengan baik.

Hal itu disampaikan Ummi Rohmi sapaan akrabnya wakil gubernur NTB saat mengunjungi Pengolahan Sampah Organik Metode Biokonversi Black Soldier Fly (BSF) di Lingsar kabupaten Lombok Barat (Lobar), Kamis (01/12/22).

Menurut Umi Rohmi, Maggot telah terbukti memberikan kemanfaatan yang nyata dan bisa diintegrasikan untuk mendukung sektor lainnya. Apalagi maggot yang langsung  diintegrasikan dengan beternak dan dijadikan sebagai pakan ternak sendiri.

"Dengan upaya itu, maka sampah  tidak lagi menjadi musibah tapi justru mendatangkan berkah," tutur Umi Rohmi.

Umi Rohmi juga berharap, penataan pengolahan sampah organik BSF juga perlu diperhatikan, terutama penataan taman, bangunan dan fasilitas pendukung lainnya. Sehingga masyarakat yang mengunjungi pengolahan sampah organik BSF tidak menyisahkan kesan yang tidak baik.

"Saya minta ini bisa segera ditata dengan baik. Meski sebagai tempat pengolahan sampah tapi mampu memberi kesan yang baik," tegas Umi Rohmi.

Dalam kesempatan itu, Kepala UPTD TPA Sampah Regional NTB, Radyus Ramli mengungkapkan, berbagai tempat pengolahan sampah organik BSF terus dilakukan perbaikan. Upaya renovasi terus dilakukan seperti tempat penangkaran BSF dan produksi telur begitu juga tempat produksi pakan dan pupuk.

"Semua sedang berjalan, insa Allah dalam waktu dekat akan ditargetkan selesai," jelasnya.

Kunjungan ke pengolahan sampah organik BSF Lingsar ini, merupakan rangkai kunjungan yang diawali kunjungan ke TPA Kebon Kongok, Gerung Lobar.(DISKOMINFOTIK NTB/RIN)

 

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close