Breaking News

Cegah Stunting: Ketua Iswara Lombok Utara Bagi Bagi Sembako dan Protein Hewani

 


Lombok Utara, (postkotantb.com) - Ibu Suci Hartini, S.Pd selalu Ketua Ikatan Istri Wakil Rakyat (Iswara) Sekretariat DPRD Kabupaten Lombok Utara bagi bagi bantuan kepada Stanting, di dusun Tenggorong Desa Gumantar Kecamatan Kayangan, Kamis (8/12-2022).

Suci Hartini, Pasangan Ketua DPRD KLU, Artadi. S.Sos, mengatakan pada media ini bahwa, bantuannya berupa sembako dan protein hewani (telur) dengan takaran gizi sesuai dg petunjuk dari dikes kepada 14 orang anak.

Kegiatan ini merupakan satu upaya melawan stunting yang memiliki harapan besar mampu menyediakan asupan gizi dan nutrisi kepada keluarga kurang beruntung yang disebut Keluarga Penerima Manfaat.

Satu tugas besar untuk menyelamatkan generasi yang tumbuh kurang sesuai dengan usia, berkaitan erat dengan asupan gizi. Tidak hanya masalah pertumbuhan fisik, tetapi juga masalah pertumbuhan otak dan kecerdasan. Stunting adalah masalah gizi kronis yang disebabkan oleh asupan gizi yang kurang dalam waktu lama.


Suci Hartini menambahkan, pada beberapa kali pertemuan baik dengan pengurus PKK Kabupaten Lombok Utara maupun dengan Ketua PKK Provinsi NTB beberapa waktu lalu di tekankan keaepakatan yang perlu mendapat perhatian bersama”, ungkapnya.

Suci Hartini menyebut, "kami yang ada dibelakang suami yang notabene dekat dan dibutuhkan oleh rakyat, ingin berperan langsung membantu mendukung kinerja para suami dan program pemerintah, salah satunya yaitu dengan membntu penurunan angka stunting di KLU, melalui pemberian protein hewani kepada anak anak yang terkena stunting"


Beberapa contoh sumber karbohidrat, beras atau bahan pangan lokal seperti, jagung pipilan dan sagu dan protein hewani seperti telur, daging sapi, ikan serta protein nabati berupa kacang kacangan termasuk tempe dan tahu dll.

Ia menambahkan, tidak harus menyediakan seluruh jenis bahan pangan yang ditentukan untuk Program Sembako, namun minimal harus menyediakan jenis bahan pangan yang termasuk sumber karbohidrat, sumber protein hewani dan satu jenis bahan pangan lainnya yang termasuk sumber protein nabati atau sumber vitamin dan mineral.

Catatan penting di akhir tulisan ini adalah, "Program sembako untuk stanting menjadi satu formula pencegahan dini stunting. Dengan kata lain bahwa bangsa ini, melalui Kementerian Sosial melawan stunting salah satunya dengan program sembako, ungkapnya.

Dengan bantuan ini diharapkan makanan yang diberikan kepada balita dapat memenuhi gizi seimbang” ujar Suci Hartini. (@ng)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close