Breaking News

Kapolres KSB Beberkan Sejumlah Capaian Keberhasilan Selama Setahun. Ini Penjelasan AKBP Heru Muslimin

 


Sumbawa Barat, (postkotantb.com) - Kepolisian Resort (Polres) Sumbawa Barat melaksanakan konferensi pers dirangkaikan dengan kegiatan pemusnahan Barang Bukti (BB) hasil pengungkapan tindak pidana dari dalam kurun waktu tahun 2022, yang berlangsung di lapangan upacara Mapolres Sumbawa Barat pada Jumat (23/12/22).

Kapolres Sumbawa Barat AKBP. Heru Muslimin S.IK. M.IP dalam penyampaiannya kepada para awak sederet capaian keberhasilan yang telah diperoleh pada semua satuan unit kerja polres Sumbawa Barat sampai dengan akhir tahun 2022, baik pada penanganan beberapa kasus tindak pidana serta kegiatan Pemeliharaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) di wilayah hukum kabupaten Sumbawa Barat.


“Angka kriminalitas atau tindak pidana yang terjadi dalam kurun waktu tahun 2022 yakni sebanyak 140 kasus, mengalami penurunan jika dibandingkan tahun 2021 yakni sebanyak 162 kasus. Untuk kasus kasus tindak pidana umum seperti kasus pencurian dengan kekerasan (Curas), Kasus Pencurian Dengan Pemberatan (Curat) dan dan Kasus Pencurian Kendaraan bermotor (Curanmor) di tahun 2021 sebanyak 40 kasus hingga di tahun 2022 ini menurun menjadi 30 kasus.

Sementara itu dalam pengungkapan dan penanganan kasus tindak pidana penyalahgunaan narkoba yakni tahun 2022 terdapat 28 kasus mengalami kenaikan jika dibandingkan pada tahun 2021 hanya terdapat 27 kasus” Kata kapolres.


Pada jumlah pelanggaran lalu lintas terdapat peningkatan dibanding tahun 2021 dengan jumlah pelanggaran sebanyak 3.529 kasus kemudian di Tahun 2022 jumlah pelanggaran meningkat sebanyak 4.571.

"Jenis pelanggaran lalu lintas bervariatif seperti tidak membawa atau mengantongi SIM, STNK dan sejumlah pelanggaran lainnya seperti kelengkapan kendaraan bermotor seperti knalpot, spion, lampu saint dilepas. Pada kasus kecelakaan lalu lintas (laka lantas) di tahun 2022 terdapat 60 kasus, menurut drastis jika dibandingkan kasus laka lantas tahun 2021 sebanyak 87 kasus. Alhamdulillah, ini menandakan bahwa kesadaran masyarakat sumbawa barat dalam berlalu lintas semakin tinggi" lanjutnya.

Selanjutnya disampaikan oleh AKBP Heru MusliminS.IK.MIP situasi kamtibmas di wilayah hukum polres sumbawa barat semakin kondusif ini ditandai dengan tidak adanya (Zero) Konflik Horizontal


“Alhamdulillah terkait Kamtibmas di Kabupaten Sumbawa Barat adalah zero Konflik horizontal sehingga daerah kita tetap kondusif,semua itu berkat sinergitas seluruh stakeholder dan masyarakat,” singkat Heru Muslimin.

Pada aspek pemenuhan serta jaminan kebebasan berpendapat di muka umum, dari data kegiatan pada tahun 2022 terdapat 10 kegiatan pemberitahuan aksi unjuk rasa. Kehadiran kepolisian Negara Repukblik Indonesia (Polri) dalam hal ini Polres Sumbawa Barat dalam menjamin terpenuhinya hak hak sipil dalam menyampaikan pendapat dimuka umum adalah bagian tidak terpisahkan sebagai fungsi kontrol masyarakat kepada pemerintah yang harus kami pastikan berjalan aman dan tertib” tegas Heru Muslimin.
Pada akhir sesi konferensi pers.


Kapolres Sumbawa Barat AKBP. Heru Muslimin S.IK. M.IP menerangkan bahwa tahun ini polres sumbawa barat berhasilkan mendapatkan predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan disampaikan pula bahwa tahun depan polres sumbawa barat ikut masuk dalam kompetisi WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih Melayani)
“Mohon do’a dan dukungannya dari seluruh masyakarat sumbawa barat agar kami polres sumbawa barat dapat menyabet predikat tersebut”. Tutup kapolres.


Di akhir kegiatan dilakukan pemusnahan Barang Bukti Narkoba dan Miras, turut hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Sumbawa Barat yang diwakili Asisten II, Dandim 1628/SB di wakili Kasdim, perwakilan Kepala Kejaksaan Negeri Sumbawa Barat, Kepala BNNK, Wakil Ketua DPRD, Toga Toma dan PJU jajaran Polres Sumbawa Barat. (HS)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close