Breaking News

Polsek Tanjung Berikan Pengamanan Acara Nyawen di Dusun Jambi Anom

 


Lombok Utara, (postkotantb.com)  - Acara tradisi sedekah laut rutin yang dilaksanakan oleh Nelayan yang setiap dua tahun sekali dilakukan dan bertempat di Dusun Jambianom, Desa Medana, Kecamatan Tanjung Kabupaten Lombok Utara, Kamis  (15/12/2022) pagi ini.

Hal ini dimaksudkan agar para nelayan dalam melaut diberikan keselamatan oleh Allah SWT, terhindar dari musibah kecelakaan di laut dan mendapat hasil yang melimpah, untuk menambah kesejahteraan para nelayan.


Terlihat Kegiatan Sedekah Laut (Nyawen) ini mendapat pengamanan oleh petugas dari Polsek Tanjung  dimana kegiatan tersebut dimulai pada pukul 08.00 Wita.

Kegiatan yang diawali dengan Pelarungan Sesajian ke laut, sebagai bentuk rasa syukur nelayan Dusun Jambianom kepada Tuhan YME, atas hasil laut yang di berikan kepada warganya yang melimpah.

Dan di lanjut denga Penyampaian Kadus Jambianom Sulaiman yang pada intinya rangkaian kegiatan acara Nyawen ini sebagai bentuk rasa syukur kami nelayan Dusun Jambianom atas hasil laut yang melimpah pada tahun ini

Kegiatan Nyawen rutin dilakukan setiap dua tahun sekali, dalam kegiatan adat Nyawen ini kegiatan nelayan di Dusun Jambianom di tiadakan selama tiga hari untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan di tengah laut, karena menurut kepercayaan pada saat itu roh para leluhur sedangan mengadakan acara yang sama seperti kami disini dan nanti pada hari minggu nanti barul para nelayan mulai melakukan aktifitasnya kembali . Ujarnya

Kapolres Lombok Utara AKBP I Wayan Sudarmanta, SIK., MH melalui Kapolsek Tanjung AKP W.B Cahyono SH saat ditemui media di Polsek Setempat mengatakan dalam Pengamanan Sedekah Laut (Nyawen) yang bertempat di Dusun Jambianom Desa Medana, Pihaknya menerjunkan beberapa personilnya untuk memberikan pengamanan atas acara tersebut baik pengamanan terbuka maupun pengamanan tertutup.


Sementara itu, masyarakat sekitar pun merasa senang dan memberikan apresiasi kepada jajaran Polres Lombok Utara karena dengan adanya pengamanan dari Kepolisian maka kegiatan ini berjalan dengan aman dan lancar.

“Dengan bantuan pengamanan personel Polsek Tanjung acara sedekah laut ini berjalan aman , lancar dan kondusif, pihak panitia pun sangat terbantu atas pelaksanaan acara sedekah laut ini, tidak ada masyarakat yang membuat keonaran dan berjalan dengan tertib” ujar salah satu panitia. (@ng)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close