Breaking News

Bupati Sumbawa Hadiri Pengukuhan BPD Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan,Masa Bhakti 2023 - 2027.

 


Sumbawa Besar, (postkotantb.com) - Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah menghadiri Acara Pengukuhan Badan Pengurus Daerah Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (BPD-KKSS) Kabupaten Sumbawa, masa bhakti 2022-2027. Jum'at (13/01/2023)

Kegiatan yang berlangsung di Aula H.Madilaoe ADT Lantai III Kantor Bupati Sumbawa ini, turut dihadiri Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Sumbawa, Ketua BPW-KKSS Prov. NTB, para Pimpinan seluruh Etnis Kabupaten Sumbawa, Pimpinan Ormas Islam Kabupaten Sumbawa, serta seluruh Anggota KKSS Kabupaten Sumbawa.


Bupati Sumbawa mengucapkan selamat kepada saudara-saudara yang telah dikukuhkan sebagai pengurus KKSS, bupati berharap semoga para anggota yang baru saja dikukuhkan, senantiasa amanah dan semangat dalam membawa organisasi ini menjadi “Rumah” yang nyaman bagi segenap anggotanya, sehingga mampu berkontribusi bagi kemajuan anggota, daerah maupun bangsa yang di cintai, Hal ini disampaikan Bupati Sumbawa dalam sambutannya.

Setelah memberikan ucapan selamat, Bupati Sumbawa menceritakan sedikit hubungan sejarah antara Sulawesi Selatan dengan Kabupaten Sumbawa yang sudah terjalin sejak lama.

Bupati mengatakan, bahwa keberadaan Kabupaten Sumbawa mulai dicatat oleh sejarah sejak zaman dinasti Dewa Awan Kuning, tetapi tidak banyak sumber tertulis yang bisa dijadikan bahan acuan untuk mengungkapkan situasi dan kondisi pada waktu itu.

Sebagaimana masyarakat di daerah lain, sebagian rakyat Sumbawa masih menganut animisme. Namun, pada kekuasaan raja terakhir dari dinasti Awan Kuning, yaitu Dewa Maja Paruwa, ditemukan catatan tentang kegiatan kerajaan, antara lain bahwa Dewa Maja Paruwa telah menandatangani perjanjian dengan kerajaan Gowa di Sulsel.

Kerajaan Gowa yang pengaruhnya lebih besar saat itu menjadi pelindung Kerajaan Samawa’. Salah satu bukti nyata hubungan yang sangat kuat antara kerajaan Gowa dengan kerajaan samawa yang dapat kita saksikan sampai saat ini, adalah “Istana Tua Dalam Loka” yang dibangun pada masa pemerintahan Sultan Muhammad Jalaluddin III (1833-1931), dimana bentuknya sangat mirip dengan “Balla Lompoa” di Sunggu Minasa Gowa Sulawesi Selatan.


Terakhir, Bupati Sumbawa juga berharap agar komunikasi yang sudah terjalin cukup baik antara KKSS Kabupaten Sumbawa dengan etnis-etnis lainnya dapat terus dipertahankan, sehingga eksistensi KKSS semakin dirasakan manfaatnya oleh berbagai pihak, termasuk oleh pemerintah kabupaten Sumbawa.

Para BPD-KKSS Kab. Sumbawa dikukuhkan oleh BPW-KKSS Prov. NTB. Adapun Nama-nama beserta Jabatan Personalia BPD-KKSS Kabupaten Sumbawa yang baru, masa bhakti tahun 2022-2077, sebagai berikut :


Dewan Pembina (Ketua): Brigjen Pol Zainal Arifin  Paliwang
Dewan Penasehat (Ketua) : H. Abdul Hakik Yahas, S.Sos
Dewan Pakar (Ketua) : Dr. Nurdin Ranggabarani, S.H., M.H.
Dewan Penyantun (Ketua) : Boris Syaifullah, S.H.
Pengurus Harian (Ketua) : AKBP Nurdin Sennang
Sekretaris : Ridwan Andi Mappaita, S.H.
Bendahara : H. Nurdin Marjuni, S.H. (red)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close