Breaking News

Beri Kemudahan Pasien Rujukan, Bupati KSB Resmikan Rumah Singgah Baznas di Kota Mataram

 


Sumbawa Barat, (postkotantb.com) - Bupati  Sumbawa Barat Dr.Ir.H.W.Musyafirin, meresmikan Rumah Singgah Baznas yang berlokasi di Jln. Prabu pangkasari gang Rawa Indah keluran Dasan Cermen kec. Sandubaya kota Mataram, Sabtu, (04/03/2023).

Hadir dalam kesempatan tersebut kepala Dinas kesehatan KSB, Kepala Dinas Sosial KSB, Ass 1 Bupati, Wakil Ketua 3 Baznas Provinsi NTB.Drs.H.Maad umar, Wakil ketua 2 Baznas prov Abdul Hakim, S.Pt. MM, Ketua Baznas Kota Mataram, H.Muhammad, Ketua Baznas dompu, Drs. Dahlan Haq, Ketua Baznas Sumbawa Besar H. Ali Tunru, dan dihadiri juga oleh para Wakil Ketua Baznas Kabupaten Sumbawa Barat beserta jajaran.


Selain peresmian Rumah Singgah, dalam kesempatan tersebut juga dilakukan Penandatanganan beberapa MoU, anatara Ketua BAZNAS KSB dengan Kepala Dinas Sosial KSB, tentang Pelayanan Kebutuhan Dasar Fakir Miskin.

Penandatanganan MoU anatara Ketua BAZNAS KSB dengan Kepala Dinas Kesehatan KSB, tentang Pembiayaan Pendamping Pasien Berobat lanjut dan pendamping pasien Rawat Inap di RSUD Assyifah, RSUP NTB dan rawat Inap Puskesmas se-KSB.

Penandatangan MoU  antara Ketua Baznas KSB  dengan Direktur Manajemen Tazkiah Bogor tentang Pembinaan Manajemen dan Staf Bank Zakat Mikro (BZM) Baznas KSB.

Dalam kesempatan memberikan sambutan, Bupati Sumbawa Barat, Dr.Ir.H.W.Musyafirin, MM menyampaikan, bahwa sejak adanya lembaga Baznas, baik yang ada di KSB maupun di daerah lain, kita sangat merasakan terbangunnya rasa saling peduli.

Disamping itu, masyarakat juga dapat melihat secara langsung sampai sejauh mana zakat, infaq, shadaqah yang dikumpulkan betul betul digunakan sesuai dengan sasaran. Maka sulit juga disalahgunakan, karena begitu ditemukan adanya cacat, maka susah sekali untuk mengembalikan nama baik.

“Kita bersyukur dari tahun ke tahun kepedulian Baznas KSB semakin meningkat, apalagi didukung oleh integritas para Komisioner. Kita selalu berupaya untuk bagaimana caranya meningkatkan Infaq dan Sadakah".

Di KSB kemarin sempat kita bahas, bahwa kita mengenakan kewajiban pungutan zakat ini bukan saja kepada ASN KSB, tetapi pegawai swasta juga kita kenakan. Cuma rata - rata Perbankan, BUMN kadang-kadang zakatnya diambil pusat. Semestinya zakat tersebut dapat diserahkan ke lembaga dimana di tinggal sekarang. Dan yang paling besar yang rencanaya menjadi harapan yaitu PT.AMNT, ini yang belum sempat kita sosialisasi.

Diberikan kesempatan pemngurus Baznas ini mensosialisasikan. Kalau itu kita sampaikan dengan baik, InsyAllah pasti disetujui, karena salah satu cara menjaga kesucian harta kita harus dengan zakat infaq, karena Allah menjajinkan kepada umatnya bahwa perniagaan yang tiada merugi itu yaitu melaksanakan shalat, membaca Al-Quran dan menginfakkan sebagain harta” Ungkap Bupati.

Hadirnya rumah singgah menurut Bupati, adalah betul - betul bentuk kepedulian. Tetapi yang menjadi masalah sekarang yaitu pendamping pasiaen yang dirujuk tersebut. Pemda telah menyediakan anggaran 1 juta, dan alhamdulillah itu selalu kita dapatkan tambahan dari Baznas. Dengan keberadaan rumah singgak ini, kita atur baik - baik bagaimana keberadaan pendampinhg pasien. Jika perlu ditugaskan Pol PP untuk memberi, dan harus dibuat batas - batasnya dalam pemanfaatan fasilitas tersebut. terang Bupati.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati juga menyampaikan kepada para Ketua Baznas Propinsi, Kabupaten/Kota menyampaikan bahwa di KSB sekarang ini kita sedang menangani kemiskinan ekstrim. Kami mendekalarasikan warga miskin dari tingkat dusun hingga desa yang menyatakan dirinya betul miskin.

Dengan cara seperti itu, alahmadulillah ditahun 2016 di KSB terdapat sebanyak 1.583 warga miskin dengan persentase 3,32 persen. Kepada masyarakayt miskin tersebut kami meberi peluang kepada masyarakat untuk memberikan infaqnya. Jika dulu banyak orang yang mengkalin dirinya miskin dan ingin mendapatkan bantuan, bahkan ada yang protes kenapa salah satu warga tersebut kena bantuan padahal tidak miskin. Alhamdulillah sekarang ini tidak ada kejadian sepeeti itu, karena yang mendapatkan bantuan itu adalah masyarakat yang betul-betul miskin. terang Bupati

Diakhir sambutannya Bupati mengucapkan selamat atas direasmikannya Rumah Singgah Baznas, dan semoga kedepannya dapat memberikan manfaat. Harapnya. (Red)


0 Komentar

Posting Komentar
DISCLAIMER: POST KOTA NTB menggunakan iklan pihak ketiga ADSTERRA. Kami tidak bisa sepenuhnya mengatur tayangan iklan. Jika muncul tayangan iklan yang dianggap melanggar ketentuan, harap hubungi kami untuk kami tindaklanjuti.

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close