Breaking News

Bupati Djohan Sjamsu Buka STQH  Ke-VIII Tingkat Kabupaten Lombok Utara

 


Bupati Lombok Utara H. Djohan Sjamsu, SH. Membuka Seleksi Tilawatil Quran dan Hadist (STQH)  tingkat KLU yang kedelapan Tahun 2023 dengan mengusung tema "Kabupaten Lombok Utara
Berprestasi Religius dan Sejahtera". di Auka kantor bupati Selasa, (14/03/2023).


Lombok Utara, (postkotantb.com) - Bupati Lombok Utara H. Djohan Sjamsu, SH. Membuka Seleksi Tilawatil Quran dan Hadist (STQH)  tingkat KLU yang kedelapan Tahun 2023 dengan mengusung tema "Kabupaten Lombok Utara
Berprestasi Religius dan Sejahtera". yang ditandai dengan pemukulan bedug oleh Bupati yang didampingi Wakil Bupati  Lombok Utara Danny  Karter  Febrianto  Ridawan, ST, M.Eng. Bertempat di Aula Kantor Bupati, Selasa, (14/03/2023).Hadir juga para anggota Forkompinda KLU, Para Staf ahli bupati,  Asisten Setda, Kepala PD,  Camat, Serta undangan lainnya.

Bupati Djohan menyampaikan apresiasi dan menyambut baik serta mendukung penuh Penyelenggaraan STQ tingkat kabupaten dalam rangka mewujudkan tatanan masyarakat yang religius dan memiliki akhlak qur’ani.


"Salah satu program pembangunan pada
Aspek religi yaitu pengembangan nilai keagamaan melalui kegiatan STQH yang diselenggarakan secara berkala
Setiap tahun," ujarnya.

Di depan para kafilah Bupati dua periode ini, juga menyebutkan bahwa Kegiatan STQ merupakan pengembangan syi’ar islam
sebagai ikhtiar mengagungkan dan meneguhkan kesucian kalam ilahi guna memperkuat keimanan, dan memperluas fungsi edukatif kitab suci Al-qur’an dan
Hadist bagi umat Islam.

"Melalui kegiatan ini, kita jadikan al-Qur’an dan hadist sebagai landasan spiritual untuk membangun kehidupan
penuh maslahat untuk mewujudkanLombok Utara  Baldatun Toyyibatun Warobbun Gofur," ucapnya.

Ilmu pengetahuan merupakan identitas Generasi Qur’ani. Setiap muslim harusmenjadi pribadi unggul, menguasai ilmu
pengetahuan dan keterampilan,
sehingga memberikan kemaslahatan bagi masyarakat. Generasi qur’ani tidak hanya sekadar sanggup membaca al-Qur’an, tetapi juga memahami kandungan dan mampu menjadikanya inspirasi membangun nilai-nilai kerukunan, toleransi, sekaligus solusi berbagai persoalan aktual umat dan bangsa.

"Harapan saya pada para generasi muda  semakin memiliki pemahaman yang benar tentang isi dan kandungan Al- Qur’an dan Hadist. Bisa mengimplementasikan dalam kehidupan keseharian," harapnya.

"Kepada para Kafilah agar  tidak hanya mengejar kemenangan, akan tetapi lebih kepada memupuk motivasi dan keinginan yang kuat untuk menguasai ilmu-ilmu keagamaan yang berkaitan dengan Al-qur’an dan Hadist, baik melalui jalur pendidikan formal maupun informal," pintanya.

Kita jadikan  STQH kedelapan untuk menjadi era kebangkitan generasi Qur’ani di bumi Tioq Tata Tunaq dalam rangka mewujudkan KLU berprestasi, religius dan sejahtera.


Dalam kesempatan yang sama Ketua Panitia  STQH  Alwi Agusto melaporkan bahwa STQH pada tahun 2023 di ikuti oleh 84 Kafilah yang terdiri dari 13 Kafilah dari Kecamatan Pemenang, 17  Kafilah dari Kecamatan Tanjung, 18 Kafilah dari kecamatan Gangga, dan 19 Kafilah dari kecamatan Kayangan serta 17 Kafilah dari Kecamatan Bayan.

"Ada empat cabang yang di lombakan pada STQH tahun ini yaitu Tilawah, Al Hadits, Tafsir dan Tahfiz," ujarnya.



STQH di laksanakan mulai dari tanggal 14-17 Maret 2023 dengan lokasi-lokasi sebagai berikut yakni SMPN 1 Tanjung , Pondok Tafis Nurul hidayah, Masjid Borok Sama Guna Dusun Karang Raden, dan Masjid At Mutakin Dusun Kandang Kaoq.

"Dewan hakam sendiri berjumlah  40 orang,10  Panitera," jelasnya.(@ng)

0 Komentar

Posting Komentar
DISCLAIMER: POST KOTA NTB menggunakan iklan pihak ketiga ADSTERRA. Kami tidak bisa sepenuhnya mengatur tayangan iklan. Jika muncul tayangan iklan yang dianggap melanggar ketentuan, harap hubungi kami untuk kami tindaklanjuti.

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close