Breaking News

Bupati Tegaskan Ke UPPAYA dan UMKM TELAS : Semangatnya Tidak Boleh Kendor Berdayakan Ekonomi Lokal

 


Bupati Sumbawa Barat, HW. Musyafirin hadiri acara Graduation UPPAYA dan UMKM Telas yang diselenggarakan oleh PT.AMNT, bertempat di Gedung Sangkaladi Kecamatan Maluk Ahad (17/9/2023). postkotantb.com/Amri  


Sumbawa Barat (postkotantb.com) - Bupati Sumbawa Barat, Dr.Ir.H.W. Musyafirin., MM berkesempatan menghadiri acara Graduation UPPAYA dan UMKM Telas yang diselenggarakan oleh PT.AMNT, bertempat di Gedung Sangkaladi Kecamatan Maluk Ahad (17/9/2023) Pkl 09.30 Wita.

UPPAYA & TELAS merupakan program kolaborasi antara PT Amman Mineral dengan Instellar, Bahasa Bisnis dan Gandeng Tangan dalam usaha untuk meningkatkan pemberdayaan ekonomi lokal di Sumbawa Barat, khususnya kecamatan Jereweh, Maluk, dan Sekongkang.


Dalam kesempatan menyampaikan laporan, Adisti Chandra selaku perwakilan dari Instellar menyampaikan bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan dengan tujuan membantu pemudi dan pemuda di Kecamatan Jereweh, Maluk,
dan Sekongkang untuk mengembangkan produk yang bukan berorientasi produk, namun berorientasi pada kebutuhan pelanggan.

Baik pemuda dan pemudi yang sudah memiliki usaha maupun yang baru memiliki ide usaha. Membantu UMKM untuk lebih marketable dan membantu menyediakan akses keuangan yang sesuai dengan kebutuhan UMKM.

Total pendaftar sebanyak 58 tim, dan Total peserta 21 tim 49 orang. Adapun pencapaian dalam pelaksanaan UMKM Telas adalah menghasilkan 6 NIB (Nomor Induk Berusaha) bagi peserta yang mengikuti program, 8 UMKM yang melakukan pencatatan keuangan usaha setelah mengikuti program (sebelumnya tidak melakukan pencatatan), 12 persen pengetahuan materi wirausaha mengalami peningkatan setelah mengikuti kelas, 3 usaha yang lolos berjualan di food court, 3 tim yaitu Roti Sultan, Sheriqah Cakes dan IU Thai Tea dinyatakan lolos seleksi untuk menjual produknya di food
court PT AMMAN, Peserta UMKM TELAS menyerap 11 karyawan baru selama implementasi program, Terdapat 23 reseller baru untuk menjual produk-produk peserta UMKM TELAS, Selama program berlangsung, 5 kerja sama usaha tercipta antar UMKM, 1 kerja sama dengan retail, 2 kerja sama
dengan program PT AMMAN. Ungkapnya

Sementara itu Senior Manager Sosial Infact, Aji suryanto, menyampaikan bahwa kegiatan tersebut merupakan salah satu pilar program sosial infact PT. AMNT. " Kami ingin program dikerjakan bersama, untuk membantu para pemuda dan Umkm, agar terjadi peningkatan pendapatan mereka dan menciptakan lapangan kerja. Selama beberapa bulan kami lakukan evaluasi.

Ada peningkatan pendapatan dari umkm dan pemuda, dari bulan Januari, februari, maret, yang berkontribusi terhadap ekonomi KSB, IDR 139.426.000. Telah membantu membuka kesempatan kerja, membuka networking dan jejaring. Saya sendiri secara pribadi sangat menikmati produknya, enak banget dan renyah. Dan ini telah trekspose ke level naional. Ungkapnya

Sementara itu Bupati Sumbawa Barat, DR. Ir. H. W. Musyafirin., MM dalam kesempatan menyampaikan sambutannya menegaskan bahwa yang paling penting dari pelaksanaan kegiatan yaitu adanya perubahan. Dari sisi penyedisan lapangan pekerjaan, kadang ada yang tidak sesuai dengan maunya pemuda pemudi.

Usaha pertanian misalnya kalau musim tanam, yang paling banyak datang ke KSB adalah Kabupaten tetangga, dan pemuda kita kemudian tidak tertarik dengan sektor pertanuan. Proyek pembangunan infrastruktur cukup banyak, dan nilainya fanstastis, tetapi tidak ada ketertarikan samasekali.


Proyek pembangunan jalan, tiak ada satu pun dari KSB yang bekerja di sektor pembangunan. Dari labuhan lalar ada pembangunan tower, tidak ada juga yang dari KSB.
Oleh karenanya, melalui pelaksanaan kegiatan ini, minimal ada perubahan. Jangan sampai nantinya ketika dari usaha Umkm ini pendapatannya bagus, kemudian ada tawaran dengan pendapatan lebih besar untuk kerja di perusahaan kemudian ditinggalkan usaha UMKMnya.

Semangatmya tidak boleh kendor. Kita ini punya SDA yang luar biasa, tinggal kita syukuri. Banyak belum tentu cukup. Tapi yang sedikit ada kita syukuri apa yang ada. Kalau sedikit kita kelola dengan baik akan ada keberkahan. Konsistensi dari kita ini sangat penting. Ungkap Bupati. (Amri)

0 Komentar

Posting Komentar
DISCLAIMER: POST KOTA NTB menggunakan iklan pihak ketiga ADSTERRA. Kami tidak bisa sepenuhnya mengatur tayangan iklan. Jika muncul tayangan iklan yang dianggap melanggar ketentuan, harap hubungi kami untuk kami tindaklanjuti.

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close