Breaking News

Disprindakop UKM PP KLU Latih 20 Orang Digital Marketing

 


Foto Istimewa/postkotantb.com/Jaharuddin.S.Sos


Lombok Utara (postkotantb.com) - Dinas Koperasi dan UKM Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Mbok Utara, dalam rangka pengembangan sumber daya manusia (SDM) menyelenggarakan kegiatan pelatihan digital marketing bagi 20 orang pelaku UMKMUMKM, Rabu (15/11/2023).


Pelatihan ini dibuka langaung oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Lombok Utara, H Harus Nurdin,S.Sos, didampingi Plt.UPTD PLUT, Syeful Bahri,Adm dan Arifin,S.Sos, menyampaikan gambaran umum terkait UMKM atau usaha Mikro, kecil dan menengah memainkan peran penting dalam perekonomian Indonesia.

Menurut data kementrian koperasi dan UKM pada tahun 2020 terdapat sekitar 64,2 juta UMKM di Indonesia, yang yang menyumbang sekitar 60 persen dari APBD (Produk Domestik Bruto) Indonesia dan menyerap sekitar 97 persen tenaga kerja.

Lebih lanjut disampaikan, perkembangan UMKM menurut H Harus Nurdin dalam beberapa tahun belakangan ini cukup signifikan dan menjanjikan.

Hal ini berikut adalah beberapa faktor yang menjadi pendorong perkembangan UMKM yaitu dukungan pemerintah seperti telah memberikan dukungan kepada UMKM melalui berbagai program dan kebijakan seperti program peningkatan produktivitas UKM dan percepatan UKM Go Online, yang bertujuan untuk meningkatkan akses UMKM ke pasar, permodalan, dan tehnologi digital yang pesat telah memberikan peluang baru bagi UMKM untuk meningkatkan efesiensi produksivitas, dan jangkauan pasar.

Berbagai platform dan aplikasi seperti e-commerce, marketplace, platform pembayaran online telah memungkinkan UMKM untuk menjual produk atau jasa mereka secara online dan wz jangkauan pasar.

Pada keseempatan ini juga Kadis menyampaikan bahwa saat ini dengan hadirnya internet mempermudah hal-hal yang dulunya sulit menjadi mudah, merubah yang dahulu dilakukan secara konvensional sekarang menjadi digital.

“Dengan mengakses internet, masyarakat bisa mencari dan membeli barang yang langsung dikirim kerumah tanpa keluar rumah, perkembangan teknologi digital saat ini sangat luar biasa,” kata H Harus Nurdin.

Dalam pelatihan ini peserta dilatih menggunakan SEO, Google Bisnisku, Whatsaapp Business, Design Grafis dengan Canva, Facebook Ads dan Instagram Ads. Peserta didampingi secara langsung untuk mempraktekkan langsung pemasaran digital untuk produk dagangannya.

Pelatihan Digital Marketing pola satu hari ini bertujuan untuk menginspirasi para peserta untuk memasarkan produknya secara online dengan menggunakan konten promosi yang menarik dan teknik optimalisasi penggunaan layanan promosi berbayar.

Digital marketing promosi bagi pelaku UMKM adalah sebuah sterategi pemasaran yang dapat membantu pelaku UMKM dalam mempromosikan produk atau jasa mereka melalui media digital seperti website, media sosial, email dan lain sebagainya.

Dalam digital marketing pelaku UMKM dapat menggunakan berbagai macam tehnik dan strategi untuk menjangkau konsumen potensial, memperluas jangkauan pasar, dan meningkatkan penjualan.

Dukungan yang dilakukan pemerintah pusat melalui dana dokonstrasi pada pusat layanan usaha terpadu (PLTU) bertujuan untuk mbantu operasional PLUT bagi  yang belum mandiri. Sedangkan bagi PLUT yang sudah mandiri lebih di peruntukkan untuk kegiatan peningkatan kapasitas usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).


Dana dekonsentrasi merupakan dana yang berasal dari APBN yang dilaksanakan oleh Gubernur sebagai wakil pemerintah yangencakup semua penerimaan dan pengeluaran dalam rangka pelaksanaan dekonsentrasi, dan tidak termasuk dana yang dialokasikan untuk instansi vertikal pusat di daerah.
Visi UMKM Naik Kelas " Bela Beli Produk Lokal" dan UMKM Go Digital dalam Misi mendapatkan calon wirausaha baru menjadi UMKM, menciptakan UMKM selangkah lebih maju dari kopertitotblainnya, meningkatkan sumber daya manusia (SDM) UMKM dan menjadikan UMKM lebih mandiri dan bisa bersaing di pasar lokal dan luar. harapnya. (@ng)

0 Komentar

Posting Komentar
DISCLAIMER: POST KOTA NTB menggunakan iklan pihak ketiga ADSTERRA. Kami tidak bisa sepenuhnya mengatur tayangan iklan. Jika muncul tayangan iklan yang dianggap melanggar ketentuan, harap hubungi kami untuk kami tindaklanjuti.

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close