Breaking News

Bupati Sumiatun Ajak Gabungan Organisasi Wanita Lombok Barat Turunkan Stunting

 


Bupati Lobar, Hj.Sumiatun beri arahan pada rapat Persiapan Pembinaan Kemah Kader Posyandu yang dilaksanakan di Ruang Rapat Umar Madi, Jumat (01/12/2023).Foto Ist/Diskominfotik Lobar


Lombok Barat (postkotantb.com) - Bupati Lombok Barat Hj.Sumiatun meminta Gerakan Perempuan atau Gabungan Organisasi Wanita se Kabupaten Lombok Barat bahu membahu turunkan stunting. Hal ini disampaikan oleh Bupati Lobar, Hj. Sumiatun pada Rapat Persiapan Pembinaan Kemah Kader Posyandu yang dilaksanakan di Ruang Rapat Umar Madi, Jumat (01/12/ 2023). Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Lobar, Ketua DWP Lobar, Hj. Erni Zuhara, Pengurus GOW Lombok Barat, Perwakilan Dinas Kesehatan, serta Instansi terkait lingkup Pemkab Lombok Barat.


Ibu Atun sapaan akrab Bupati Lobar dalam arahannya mengatakan, kegiatan Kemah Kader Posyandu ini merupakan moment dan kesempatan yang sangat penting untuk menambah edukasi dalam menekan kasus stunting di Lobar. Ia meminta agar kader posyandu dan Gabungan Organisasi Wanita untuk bahu membahu dalam upaya menurunkan angka stunting di Lombok Barat.

Ia mengatakan angka stunting di Lobar saat ini sudah berada di bawah target nasional. Namun ia meminta semua pihak tetap bekerja keras untuk mewujudkan target satu digit di tahun 2024.

"Capaian kita dalam menekan stunting di Lobar tahun ini sudah berada di angka 12.38% Bulan Agustus lalu, ini sudah dibawah target nasional yang menargetkan angka 14 persen di tahun 2024. Karenanya kita harus kerja keras dan kolaborasi agar tahun depan angka stunting Lobar berada di satu digit", jelasnya.

Lebih lanjut ia mengatakan untuk mencapai angka tersebut sangat dibutuhkan peran perempuan. Hal ini karena perempuan sangat peka terhadap kondisi kesehatan fisik anak-anak. Selain itu perempuan juga sangat aktif dalam mendukung program penurunan stunting. Hal ini dimulai dari pendampingan, edukasi dan sosialisasi di lingkungan masing-masing.

"Mari kita tingkatkan peran kita dan tingkatkan kolborasi kita untuk menurunkan angka stunting di Lobar. Tentunya perempuan memiliki kemampuan dalam mengasuh dan merawat anak dengan baik. Sehingga kita berharap agar angka stunting di Lobar tahun 2024 terus menurun hingga mencapai satu digit", ujarnya

Sementara itu Ketua DWP Lobar, Hj. Erni Zuhara menjelaskan bahwa kegiatan kemah kader posyandu ini akan diikuti sekitar 500 orang se NTB. Dari Lobar sendiri akan di wakili sekitar 100 orang Lebih, terdiri dari 90 kader. Dan sisanya akan diikuti oleh OPD terkait serta oragnisasi perempuan di Lobar.

"Kami sudah sampaikan kesiapan kami dalam mengikuti kegiatan kemah kader posyandu tingkat NTB ini, rencananya kami hadir sebagai perwakilan Lobar sebanyak 100 orang lebih", imbuhnya.


Kegiatan Kemah ini diinisiasi oleh Badan Kerjasama Organisasi Wanita (BKOW) Provinsi NTB. Kegiatan inj rencananya akan dilaksanakan di wilayah Gunung Jae Kecamatan Narmada Kabupaten Lobar selama dua hari dimulai tanggal 9-10 Desember 2023. Tujuan kegiatan ini ialah memberikan pelatihan untuk meningkatkan kualitas SDM dalam menangani kasus stunting di NTB. (Red)

0 Komentar

Posting Komentar
DISCLAIMER: POST KOTA NTB menggunakan iklan pihak ketiga ADSTERRA. Kami tidak bisa sepenuhnya mengatur tayangan iklan. Jika muncul tayangan iklan yang dianggap melanggar ketentuan, harap hubungi kami untuk kami tindaklanjuti.

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close