Breaking News

Memahami Kehidupan Profesional Melalui Program MBKM UTS Internship di Inspektorat Kabupaten Sumbawa

 


Sumbawa Besar (postkotantb.com) - Dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan perguruan tinggi (PT), khususnya di PT, Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) memperkenalkan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang memiliki beberapa program. Salah satunya adalah UTS Internship atau  UTS Magang. Program ini merupakan kesempatan emas bagi para mahasiswa untuk mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang telah mereka peroleh selama perkuliahan di dunia nyata selama 14 minggu yang dimulai dari tanggal 18 September hingga 29 Desember 2023.

Melalui program ini, UTS berkomitmen untuk membentuk mahasiswa yang tidak hanya kompeten dalam bidang akademisi, tetapi juga terampil, disiplin, serta mampu menguasai dan memperluas keterampilan mereka di dunia kerja. Dalam perjalanan mencari pengalaman nyata dunia kerja.

Bersama rekan magang, Selvi Amalia Nur Aida, Rizqi Anugrah, dan Wenny Jeni Dwiyanti, kepada wartawan, Jum'at (27/12/2023) di tengah kegiatan magang menyampaikan, menapaki langkah-langkah menarik di Inspektorat Kabupaten Sumbawa. Inspektorat adalah institusi pemerintah atau unit di tingkat pemerintahan daerah.

''Tugas utama Inspektorat adalah melakukan pengawasan, pemeriksaan, dan evaluasi terhadap berbagai aspek kegiatan pemerintahan. Mereka ditempatkan dalam Divisi Administrasi dan Umum, evaluasi dan pelaporan serta bagian perencanaan,'' jelas Selvi.

Selvi dalam Divisi Administrasi dan Umum, membawa semangat dan keuletan dalam menghadapi dinamika administratif. Dalam kesehariannya, ia menjelma menjadi garda terdepan dalam menjaga keteraturan dan kelancaran administrasi dan selama menjalani magang di Divisi Administrasi dan Umum di Inspektorat Kabupaten Sumbawa, kegiatan selvi difokuskan pada penanganan administrasi, namun, terdapat kendala  yang perlu diatasi, yaitu proses pencatatan surat masuk secara manual menjadi perhatian utama karena berpotensi terjadinya risiko kesalahan pencatatan.

Seperti penulisan yang tidak jelas dan pengelompokan data yang tidak akurat, tetapi juga menyulitkan pencarian kembali data terdahulu. Selain itu, penggunaan buku fisik meningkatkan risiko kehilangan data karena rentan terhadap kerusakan atau kehilangan.

Sehingga buku fisik juga dapat menjadi sumber masalah keamanan data karena akses yang tidak sah. Dengan adanya tantangan tersebut, Selvi Amalia Nur Aida bukan hanya menjadi penjaga administratif, tetapi juga inovator yang tangguh, dengan bijak, Selvi berhasil mengatasi kendala tersebut dengan melihat potensi perbaikan dan menciptakan solusi inovatif.
Sehingga ia merancang Aplikasi Pencatatan Surat, sebuah platform berbasis website yang revolusioner, sebagai langkah proaktif untuk meningkatkan efisiensi dan keamanan dalam pencatatan surat masuk di Inspektorat Kabupaten Sumbawa.

Aplikasi ini tidak hanya mengatasi masalah pencarian kembali catatan surat, tetapi juga mengurangi risiko kehilangan data dengan memberikan akses yang terbatas.

''Dengan demikian, kerahasiaan pencatatan surat masuk dan surat keluar tetap terjaga,'' beber Selvi.

Mampu merancang solusi praktis yang tidak hanya meningkatkan efisiensi administratif, tetapi juga menciptakan fondasi yang kuat untuk keberlanjutan proses kerja di Inspektorat Kabupaten Sumbawa.

Keberhasilan Selvi dalam mengatasi permasalahan ini bukan hanya sekadar pencapaian pribadi, tetapi juga kontribusi berarti bagi efisiensi dan keamanan data di lingkungan kerja. Dengan langkah-langkah proaktifnya, Selvi telah membuktikan bahwa mahasiswa melalui program Internship di Universitas Teknologi Sumbawa tidak hanya belajar di kampus tetapi juga mampu membawa perubahan positif di dunia profesional sesungguhnya.

Di sisi lain, Rizqi Anugrah, yang berperan di Divisi Evaluasi dan Pelaporan, menggambarkan perjalanan eksplorasi ilmu pengetahuan dengan penuh semangat. Melalui analisis cermat dan pemahaman mendalam terhadap laporan.

Rizqi juga membuktikan bahwa penilaian bukan hanya sekadar angka, tetapi juga refleksi dari keseriusan dan komitmen untuk mencapai perubahan positif. Dalam Divisi Evaluasi dan Pelaporan, Rizqi tak hanya berfokus pada penyusunan laporan yang akurat, tetapi juga menjadi katalisator perubahan dengan kecerdasan analitisnya.

Rizqi tidak hanya menilai, tetapi juga memberikan saran konstruktif untuk penyempurnaan kebijakan dan program di Inspektorat Kabupaten Sumbawa. Bagian perencanaan menjadi panggung bagi Wenny Jeni Dwiyanti, yang dengan kreativitas dan ketelitian, merencanakan langkah-langkah strategis dalam mendukung visi Inspektorat Kabupaten Sumbawa.

Kemampuan Wenny dalam merespons perubahan dan menyesuaikan perencanaan menjadi kunci kesuksesan dalam mencapai tujuan organisasi.Wenny Jeni Dwiyanti yang bertanggungjawab sebagai notulis di bagian Perencanaan, memainkan peran krusial dalam kegiatan perencanaan. Selain mencatat hasil pertemuan, Wenny juga menyelesaikan PTL sebagai hasil dari pengawasan pegawai di bagian Perencanaan. Dengan dedikasi tinggi, Wenny merinci setiap detail notulensi dan memastikan implementasi rencana sebagai respons terhadap pengawasan. Dalam setiap langkah mereka.

Mahasiswa UTS ini tidak hanya mengejar tugas harian, tetapi juga membangun hubungan baik di lingkungan kerja dan keterlibatan aktif dalam kegiatan masyarakat. Melalui partisipasi dalam program-program kegiatan sosial yang diadakan di Inspektorat Kabupaten Sumbawa, mereka menunjukkan bahwa kolaborasi yang baik bukan hanya sebatas pekerjaan tim, tetapi juga fondasi yang kuat untuk mencapai hasil yang optimal serta pengalaman magang ini bukan akhir dari perjalanan, melainkan awal dari keterlibatan yang lebih luas di masyarakat maupun Inspektorat Kabupaten Sumbawa.

Ini meeupakan wadah bagi mahasiswa UTS untuk mengukir jejak positif dalam perjalanan pembelajaran mereka. Dengan semangat, mahasiswa tidak hanya mendapatkan pendidikan formal, tetapi juga peluang untuk membuktikan bahwa mereka dapat menjadi agen perubahan yang mampu membawa inspirasi bagi generasi yang akan datang.

Kesungguhan Selvi Amalia Nur Aida dan Rizqi Anugrah bersama Wenny Jeni Dwiyanti, mereka telah menorehkan cerita sukses di Inspektorat Kabupaten Sumbawa. Sebuah perjalanan yang tak hanya mengesankan bagi mereka pribadi, tetapi juga menjadi inspirasi bagi teman-teman mahasiswa lainnya. Dengan semangat ini, mereka membuktikan bahwa pendidikan tidak hanya tentang memperoleh gelar, tetapi juga tentang membentuk karakter, kepemimpinan, dan dedikasi untuk memberikan kontribusi yang berarti bagi Masyarakat dan Bangsa.

Ucapan terima kasih yang tulus kepada Inspektorat Kabupaten Sumbawa atas dukungan dan kerjasama yang luar biasa selama pelaksanaan Program UTS Internship Magang. Keterlibatan dan bimbingan yang berharga dari Inspektorat Kabupaten Sumbawa telah menjadi landasan kokoh untuk mengaplikasikan pengetahuan akademis di dunia kerja.

''Tak lupa, penghargaan setinggi-tingginy kepada Dosen Pembimbing Lapangan, Bapak Abdul Salam S.E.,M.M selaku DPL dari Selvi Amalia Nur Aida, Bapak Muhammad Nur Fietroh,S.E.,M.Sc selaku DPL dari Rizqi Anugrah dan Bapak Wirentake,M.Pd selaku DPL dari Wenny Jeni Dwiyanti yang dengan penuh dedikasi telah membimbing selama periode magang. Keberhasilan dalam mengimplementasikan ilmu pengetahuan kami tidak terlepas dari arahan dan dukungan dari Dosen Pembimbing Lapangan.
Dengan kerjasama yang solid antara Inspektorat Kabupaten Sumbawa, mentor magang, dan dosen pendamping lapangan, kami berhasil menyelsaikan Program UTS Internship dengan sangat baik.tutup Selvi." (Well)

0 Komentar

Posting Komentar
DISCLAIMER: POST KOTA NTB menggunakan iklan pihak ketiga ADSTERRA. Kami tidak bisa sepenuhnya mengatur tayangan iklan. Jika muncul tayangan iklan yang dianggap melanggar ketentuan, harap hubungi kami untuk kami tindaklanjuti.

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close