Breaking News

Pemdes Kopang Rembige Gandeng Danramil 1620-03/Kopang Bersihkan Saluran Antisipasi Bencana

 


Kades Kopang Rembiga bersama perangkat dan Danramil 1620-03/ Kopang bersama personil saat gotong royong. Foto Ist/Lalu Irsyadi/postkotantb.com


Lombok Tengah (postkotantb.com) - Memasuki musim penghujan, Pemerintah Desa Kopang Rembige Kecamatan Kopang gandeng Danramil 1620-03/Kopang menginisiasi kegiatan gotong royong bersihkan saluran dan bak-bak penampungan air pasa selasa (05/12/2023).

Tujuannya, sebagai bentuk langkah antisipatif terhadap kemungkinan terjadi bencana seperti banjir ataupun wabah penyakit semacam demam berdarah, cikungunya dan lainnya.


Demikian disampaikan Patria Negara Kepala Desa Kopang Rembiga kepada media ini, selasa (05/12/2023) saat gotong royong di Dusun Lok irigasi bawak Sumpak.

" Alhamdulillah, kegiatan ini terlaksana dari hasil koordinasi kami dengan TNI, selanjutnya kami ajak semua perangkat gotong royong bersihkan saluran irigasi atau selokan yang tersumbat dan bak-bak penampungan air, mengantisipasi jangan sampai terjadi bencana banjir, penyakit, dan lainnya," kata Kades Patria.

Bukan sekedar itu, persoalan kebencanaan menjadi atensi Pemdes guna memastikan Desa Kopang minim bencana. Patria jalin kerjasama dengan MDMC Muhammadiyah untuk lakukan pelatihan-pelatihan kebencanaan yang merupakan program kerjasama Australia-indonesia mencetak Desa-Desa siaga atau Desa Karang Tangguh.

" Berkat kesiap siagaan kita antisipasi bencana, sejauh ini Kopang Rembiga aman, minim kasus," ucapnya.

Begitupun mensikapi potensi wabah penyakit. Pemdes kuatkan kolaborasi dengan Puskesmas dalam mencegah dan menangani.

Kuncinya, terang Patria, tingkatkan koordinasi dengan semua pihak. Sehingga, jika ada kejadian langsung bersikap reaktif. Terpenting masyarakat sudah miliki kesadaran personal dari hasil pendekatan Pemdes. Jadi, tidak sulit memobilisasi warga untuk gotong rotong.

Tak jauh berbeda dengan pernyataan Kades, Dewa Made Gemjong, Danramil 1620-03/ Kopang menambahkan, kebetulan kegiatan ini memang program langsung dari KSAD untuk membantu masyarakat dalam merespon masuknya musim hujan.

Tak tanggung-tanggung, Danramil kerahkan semua anggota sekitar 14 personil. Bergabung bersama komponen Pemdes Kopang Rembiga, Kadus, RT dan segenap warga.

" Ini bentuk langkah antisipasi kita bekerjasama dengan Pemdes, bersihkan saluran atau bak-bak air yang sekiranya bisa timbulkan banjir dan penyakit," ungkapnya.

Diharapkan, Pemdes dan pihak lainnya senantiasa mengabarkan dan tingkatkan koordinasi dalam setiap kegiatan untuk terus berdedikasi membantu masyarakat. (Irs)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close