Breaking News

Polres Lombok Utara Kaloborasi dengan OPAL Lakukan Penanaman Pohon Secara Serentak

 


Lombok Utara (postkotantb.com)  - Dalam memanfaatkan datangnya musim penghujan  Polres Lombok Utara melakukan penanaman pohon di Mako Polres Lombok Utara, Jumat, (08/12/2023).

Kapolres Lombok Utara AKBP Didik Putra Kuncoro S.I.K M.Si. melalui PS. Kasi Humas Ipda Made Wiryawan Sh menyampaikan kepada awak media di sela-sela kegiatannya bahwa penanaman pohon yang di lakukan Anggota Polres Lombok Utara yang di pimpin langsung oleh Kabag Ops Polres Lombok Utara  Kompol Burhanudin yang berkaloborasi dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lombok Utara, merupakan bentuk kepedulian dalam melestarikan lingkungan, supaya lingkungan Kantor Jalur Polres Lombok Utara terlihat Asri.

Disamping memanfaatkan musim hujan dalam penanaman pohon ini, agar tanaman yang kita tanam bisa hidup maksimal dan memininalisir kematian pohon .
Pohon merupakan aset bagi mahkluk hidup  yang merupakan paru-paru dunia, karena Pohon dapat menghasilkan oksigen yang cukup bagi keberlangsungan makhluk hidup.

Dalam hal ini Organisasi Pemerhati Alam dan Lingkungan Hidup (OPAL) KLU, bekerjasama dengan Polres Lombok Utara  dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH)  pada kurun waktu akhir tahun 2023 di bulan Desember telah melakukan penanaman pohon secara serentak di lima titik yaitu, halaman kantor Dinas Lingkungan Hidup, Kantor Camat Gangga, Polsek Gangga, Pinggir Jln Raya Lendang Bagian-Sembaro dan dihalaman  Polres lombok Utara, Jum'at (08/12-2023).

Aksi yang diprakarsai oleh Polres Lotara dan OPAL KLU yang berkolaborasi dengan sejumlah pihak salah satunya dengan Dinas Lingkungan Hidup KLU, Dikes KLU bertujuan untuk mengurangi dampak dari kondisi krisis iklim yang kita rasakan sekarang, sebagai dampak dari pemanasan global yang menyebabkan suhu bumi menjadi semakin meningkat.

Dengan melibatkan sejumlah anggota Polres Lotara, Dinas Kesehatan Prokofim, siswa dan siswi khususnya di SMKN Gangga dalam aksinya diharapkan mereka bisa menjadi bagian dari generasi yang bisa menyelamatkan lingkungan untuk masa mendatang.

Kegiatan yang diawali dengan koordinasi pihak Polres dengan OPAL KLU, DLH, Dikes dan Prokofim, gerakan hijaukan Bumi Tioq Tata Tunaq ini diharapkan menjadi salah satu contoh kepada OPD - OPD  yang lain dan kelompok masyarakat khususnya di KLU untuk berbuat hal yang sama di lingkungan kantor masing - masing ataupun seputar pekarangan sendiri.

Pentingnya menanam pohon yang mampu menghasilkan oksigen yang sangat berharga bagi mahluk hidup dan sebagai pohon pelindung ketika musim kemarau panjang sebagaimana yang kita rasakan di tahun 2023 ini.

Dengan menanam pohon juga bisa memberikan nilai ekonomis yang mendatangkan keuntungan bagi kita semua, jika dipelihara dengan baik, seperti tanaman pohon buah buahan.

Ketua Organisasi pemerhati alam dan lingkungan (OPAL) KLU setiap tahun melakukan kegiatan mulai dari pembibitan berbagai jenis tanaman bunga dan buah buahan untuk di sumbangkan.

"Sebagian saya uangkan dan sebagian besar saya sumbangkan untuk masyarakat terutama tempat tempat ibadah, sekolah dan tempat umum lainnya".


Tidak saya pungkiri, hasil penjualan saya kembalikan untuk kebutuhan pembibitan yang lebih banyak lagi antara lain ; beli polibek, tanah kandang, sekam/Cocopit dan kebutuhan perawatan bibit sampai dengan kelayakan tanamnya.

Saya dan teman teman yang memiliki gagasan yang sama diharapkan selalu bisa memberikan manfaat bagi orang lain khususnya lingkungan kita. Ulasnya.

Wiryawan mengajak " Mari bersama menjaga lingkungan kita agar senantiasa hijau dan lestari untuk masa depan anak cucu kita”. pungkasnya. (@ng)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close