Breaking News

Dandim dan Kapolres Loteng Jamin Netralitas TNI-Polri Pada Pemilu 2024, Siap Menjaga Kamtibmas

 

Dandim dan Kapolres Loteng Jamin Netralitas TNI-Polri Pada Pemilu 2024, Siap Menjaga Kamtibmas
AKBP Iwan Hidayat.S.Ik Kapolres Loteng dan Dandim 1620/Loteng Letkol Kav Andi Yusuf Kertanegara.Foto Dok : Lalu Irsyadi/postkorantb.com Biro Loteng

Lombok Tengah (postkotantb.com) - Komandan Kodim (Dandim) 1620/Loteng, Letkol Kav Andi Yusuf Kertanegara, menyatakan pihaknya siap menghadapi Pemilu yang sudah di depan mata. Kepada postkotantb.com, Rabu (17/01/2024 ) ia menerangkan, pihaknya sudah sangat siap secara totalitas pra atau pasca pesta demokrasi pemilihan serentak presiden, DPRD, dan DPD, khususnya dalam mengawal kelancaran dan keamanan hari pencoblosan 14 Februari 2024. Begitupun menyangkut kamtibmas lainnya.

"Sesuai perintah komando atasan, kami sudah gelar apel kesiapsiagaan baik personel maupun perlengkapan seperti senjata ataupun kendaraan," ujar Dandim.

Ia menyebut, akan mengerahkan 2/3 dari total jumlah personel Kodim 1620/Loteng.

Ia menjelaskan, pada awal Januari lalu, para personel sudah melakukan patroli baik siang maupun malam bersama pihak kepolisian, Satpol-PP, dan dari unsur Pemkab Loteng. Dan, dari hasil pantauan sejauh ini, kamtibmas masih kondusif dan aman.

"Di obyek vital seperti bandara sudah ada petugas untuk menjamin keamanan tamu atau wisatawan yang datang dan pergi," paparnya.

Pengamanan juga menyasar masing-masing tempat yang rawan timbul konflik seperti pusat-pusat keramaian di daerah wisata KEK Mandalika, tempat rekreasi Kopang, destinasi wisata Aik Berik, dan titik lainnya dengan bersinergi bersama Polsek setempat.

"Penempatan Babinsa jadi mata telinga di desa, kami arahkan bekerjasama dengan BKD dan masyarakat, sehingga jika terjadi bencana atau persolan cepat dilaporkan," terangnya.

Dandim menegaskan, pimpinan sampai aparat terbawah harus bersikap netral di Pemilu 2024. Pihaknya juga sudah membuka posko pengaduan masyarakat untuk melaporkan aparat TNI yang tidak netral. Ia menjamin akan menjaga kerahasiaan pihak pelapor. Jika ditemukan akan diproses dan apabila terbukti sanksi berat menanti.

Terpisah, Kapolres Loteng AKBP Iwan Hidayat, mengungkapkan pernyataan yang tidak jauh beda. Pihaknya berkomitmen menjaga sinergitas baik dengan TNI, Pemda, Pemdes, hingga merangkul LSM, terutama menjalin harmonisasi dengan masyarakat.

Kapolres mengimbau semua elemen bergandengan tangan, agar masyarakat mendapat dampak kesejahteraan langsung terutama dari keberadaan destinasi KEK Mandalika.

"Jika Loteng kondusif, semua akan memetik buah dari banyaknya agenda even yang terselenggara di sirukit sepanjang tahun, turis dan investasi akan berdatangan," ucapnya kepada postkotantb.com di Mapolres Loteng Senin kemarin.

Terkait Pemilu, penugasan Babinkamtibmas miliki peran kompleks. Memonitor keberlangsungan semua tahapan dari kampanye, pencoblosan, penghitungan, penetapan sampai selesai tanpa pandang bulu.

"Kita benar-benar ingin fokus pekerjaan kita menciptakan sapta pesona terwujud di Loteng," harapnya.

Dari itu, AKBP Iwan mengajak agar semua berperan aktif mendamaikan Loteng. Sayang sekali jika hadiah seperti KEK Mandalika tidak dimanfaatkan sebaik-baiknya. Tak hanya itu, anak cucu pun bisa rugi jika Loteng ke depan tidak kondusif.

"Mari kita jadi juru damai, untuk kesejahteraan dan kamajuan bersama," tandasnya. (Irs)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close