Breaking News

Jadi Tuan Rumah Event Nasional, Siswi MAN 2 Mataram Sabet Juara

Tiga siswi MAN 2 Mataram yang sukses meraih juara 3 Lomba Debat, dalam Event D'Motion Tingkat Nasional. Ketiganya atas nama Zuleyka Faisha Nadhifa, Melati Sasikirana dan Azzahwa Alfaatihah, Selasa (30/01).

Mataram (postkotantb.com) - Sebanyak tiga siswi MAN 2 Mataram yang tergabung dalam tim HBD, akhirnya berhasil meraih juara tiga Lomba Debat Bahasa Inggris dalam Event D' Motion Tingkat Nasional Tahun 2024.

Ketiga siswi yang diikutsertakan dalam event D'Motion tingkat Nasional itu,  masing-masing atas nama Zuleyka Faisha Nadhifa, Melati Sasikirana dan Azzahwa Alfaatihah. Para siswi ini duduk dibangku kelas x MAN 2 Mataram.
 
Event ini diselenggarakan oleh MAN 2 Mataram dan sempat terhenti, disebabkan Pandemi Covid 19. Pada November 2023 lalu, madrasah ini kembali mencetus event D' Motion ini dan dijadwalkan berlangsung selama dua hari. Yakni dari hari Sabtu, sampai dengan Minggu, pekan kemarin.

Kepala MAN 2 Mataram, H Syauki, melalui pembina MANDA English Club (MEc), Sri KurniyawatI, menyampaikan apresiasi serta rasa syukur. Karena meski baru pertama kali, ketiga siswi tersebut sukses meraih juara tingkat nasional.

"Mereka bertiga ini kita seleksi dan tidak boleh masuk struktur kepanitian. Memang ada lainnya yang kelas X, namun kami ikutkan sebagai panitia," ungkap Sri, Selasa (30/01).

Ia menilai, event skala nasional ini sebagai momentum sekaligus wadah bagi siswa MAN 2 Mataram yang tergabung dalam MEC, untuk mengimplementasikan dan mengasah pengetahuan serta keterampilannya berbahasa asing.

"Menang atau tidak itu urusan lain. Yang terpenting bagaimana mereka bisa mempraktikan hasil latihan mereka di MEc ke dunia rill nya. Seperti di perlombaan tingkat nasional ini," terangnya.

Ketua Panitia Penyelenggara Event D'Motion Tingkat Nasional MAN 2 Mataram, Muhammad Nico menambahkan, para peserta terdiri dari 10 kelompok yang terbagi menjadi dua bagian. Yakni pemerintah dan oposisi.

"Para tim ini berasal dari banyak sekolah," imbuhnya.

Sedangkan dewan juri untuk lomba debat, didatangkan dari luar daerah. Salah satunya Ketua Dewan Juri, berasal dari Universitas Gadjah Mada (UGM). Yang bersangkutan kata Nico, sudah pernah meraih prestasi, baik dalam event nasional dan internasional. Sehingga kredibilitasnya terjamin.

"Jadi tidak ada yang dari MAN 2 Mataram," jamin Nico

Untuk tahapan lomba debat lanjut Nico, panitia menyiapkan enam ronde. Tema yang disiapkan pada setiap rondenya berbeda-beda, namun ditentukan oleh dewan juri.

"Untuk tema tidak ada yang khusus. Tergantung dewan juri, ada tema hubungan internasional, ada pula tentang filosofis. Jadi berbeda-beda," imbuhnya.

Selain debat jelas Nico, dalam event D' Motion tingkat nasional ini pihaknya juga menyiapkan dua mata lomba lagi. Yaitu Lomba Speech dan Story Telling untuk tingkat SMP. Dewan jurinya pun berbeda dengan lomba debat.

"Dalam dua lomba ini, ada 20 sampai 25 peserta dari banyak sekolah yang datang ke MAN 2 Mataram, dengan tamu spesial yang ternyata punya kemampuan untuk menjadi finalis. Yaitu dari Kota Bogor dan Kota Surabaya," jelasnya.(RIN)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close