Breaking News

Badan Saksi Pemilu Nasional DPC PDIP Kabupaten Sumbawa Gelar Pelatihan Saksi TPS di Seluruh Kecamatan

 


Foto Istimewa/Lalu Indrawan/postkotantb.com


Sumbawa Besar (postkotantb.com) – DPC PDI Perjuangan Kabupaten melalui Badan Saksi Pemilu Nasional (BSPN) Kabupaten Sumbawa melaksanakan pelatihan saksi Tempat Pemungutan Suara (TPS) di seluruh kecamatan Se Kabupaten Sumbawa secara serentak Jumat,(09/02/2024). Kegiatan diikuti sebanyak 3068 dari 1534 TPS.

Pelatihan ini bertujuan untuk membekali dan memberikan semangat para saksi dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk mengawal jalannya pemungutan dan penghitungan suara pada Pemilu 2024 mendatang.


Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sumbawa, Abdul Rafiq SH, dalam sambutannya pada Pelatihan saksi di Kecamatan Alas memberikan apresiasi dan motivasi kepada para saksi. Abdul Rafiq menekankan pentingnya peran saksi dalam memastikan suara rakyat terlindungi dan terhitung dengan benar.

Lanjut Rafiq mengatakan, saksi adalah garda terdepan dalam mengawal demokrasi. "Saksi PDI Perjuangan memiliki konsistensi, integritas dan keberanian, pantang mundur ditengah tugas.  Saksi adalah nyawanya Partai dalam Pemilu oleh karenanya penting bagi para saksi untuk memahami tugas dan fungsinya dengan baik. Rafiq berharap para saksi mengikuti pelatihan ini dengan sungguh-sungguh dan dapat mengaplikasikannya di lapangan.", Ujar Rafiq memberikan motivasi.

"DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sumbawa berkomitmen untuk mengawal jalannya Pemilu 2024 dengan damai dan bermartabat. Dengan pelatihan ini, diharapkan para saksi dapat membantu mewujudkan pemilu yang jujur dan adil" Pungkas Rafiq.

Sementara  BPSN Kabupaten Sumbawa Ridwan Amor kepada media menjelaskan, bahwa Pelatihan saksi TPS dilakukan di setiap kecamatan dengan Pelatih sebanyak 4 orang Pengurus PAC PDI Perjuangan yang sudah mengikuti Pelatihan Saksi Daerah (PPSD) yang didampingi oleh Pelatih Saksi Nasional. "Pelatih Saksi Nasional dari  BSPN Cabang Sumbawa adalah Saya bersama  Teni Suryani" Ungkap Amor  sapa akrab ketua BSPN itu.

Kemudian lanjutnya, dalam pelaksanaan tugas saksi BSPN memberikan beberapa materi pelatihan yang diberikan meliputi, Tugas dan fungsi saksi TPS,Tata cara pemungutan dan penghitungan suara, Penyelesaian sengketa di TPS, Etika dan profesionalisme saksi.


"Pelatihan ini diikuti oleh ratusan saksi di seluruh kecamatan di Kabupaten Sumbawa. Dihari yang sama juga dilaksanakan di Kecamatan lainnya ada Kecamatan Moyo Hulu, Kecamatan Empang dan Kecamatan lainnya. Para saksi antusias mengikuti pelatihan dan mendapatkan banyak pengetahuan baru" Tandasnya.

Salah satu peserta pelatihan, Erni Mawarni mengatakan, "Pelatihan ini sangat bermanfaat bagi kami, sehingga nantinya kami bisa menjalankan tugas sesuai arahan dan petunjuk dalam pelatihan ini. Tukasnya. (Lalu/Ruf)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close