Breaking News

Jika Pasangan H Mo-Rafiq Deal, Energi Baru Bagi Eksekutif Membangun Kabupaten Sumbawa

 


Sumbawa Besar (postkotantb.com) -
Pilkada Sumbawa akan digelar bulan September 2024.Tim Media ini terus memantau kondisi terkini yang terjadi. Beberapa wacana yang hangat untuk menduetkan para tokoh dari kalangan Birokrasi maupun politisi juga muncul.sebelumnya telah dikemukakan pasangan Rafiq Yamin sebagai representasi kalangan muda untuk Pilkada Sumbawa.

Kali ini tim media mengulas bagaimana jika pasangan Mo-Novi Jilid II tidak berpasangan lagi, maka Pasangan Mo- Rafiq yang akan dijodohkan.

Patahana Bupati Sumbawa Drs H.Mahmud Abdullah secara kebatinan memiliki hubungan yang baik dengan Abdul Rafiq SH. Karena pernah bersama sama membangun daerah ini dengan masing -masing memimpin lembaga eksekutif dan legislatif dan bersama sama menjadi Anggota Forkopimda.

H.Mo akrab disapa Bupati Sumbawa ini secara jenjang karir birokrasi telah mencapai puncaknya. Semua level jabatan dan kepangkatan telah diraih dan dilaluinya sehingga dirinya pun mencoba peruntungannya dengan mengambil posisi di politik dengan berduet dengan H Husni Djibril dan berhasil menjadi pasangan Bupati dan wakil Bupati Sumbawa.

Selama pemerintahan Husni - Mo Sumbawa memiliki banyak kemajuan, perkembangan daerah secara infrastruktur maupun Supra struktur. Duetnya dengan H Husni sebagai Politisasi Senior PDI Perjuangan, tentunya berbeda bentuk dan gaya dalam menjemput program di Pusat sebagai sumber anggaran terbesar dalam membangun daerah.

Kini H Mo menjadi Bupati Sumbawa bersama Wakil Bupati Hj Dewi Noviany S.Pd .MPd. memiliki semangat yang tinggi untuk membangun daerah ini karena Wakil Bupati Sumbawa juga bagian dari Partai PKS yang Nota bene memiliki ikatan batin yang kuat dengan Pemerintah Provinsi NTB yang di pimpin oleh Gubernur Dr. H.Zulkiflimasnyah M.Sc Kakak kandung Hj Novi.

"Perjalanan politik dikatakan sangat dinamis, berbeda dengan birokrasi yang cenderung memiliki alur zona nyaman yang diikat dengan berbagai regulasi . Demikian pula jelang perhelatan pilkada serentak 2024 akan sangat dinamis. menjadi pertanyaan besar apakah pasangan ini akan bertahan melihat dinamika yang berjalan ?" Demikian pula perkembangan politik pasca pemeliharaan umum ? Ungkap seorang pemuda inisial Es yang enggan namanya dinaikkan.

Kemudian lanjutnya, maka tak salah juga bila kita beranalisis bahwa H.Mo akan mencari suasana baru dalam menentukan pasangannya karena secara formal dan informal proses evaluasi pasti dilalukan. Pilihan yang paling logis adalah mengambil Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa Abdul Rafiq SH sebagai pasangannya pada Pilkada nanti.

Bagi Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa Abdul Rafiq SH yang juga ketua Partai PDI Perjuangan Kabupaten Sumbawa peluang ini juga menjadi terbuka karena untuk hijrah ke ranah eksekutif membutuhkan penyesuaian diri dan juga menjadi ajang belajar secara langsung dengan guru birokrasi dan juga guru politik H.Mahmud Abdullah. Sehingga menjadi awal yang baik bila pilihannya berduet dengan H Mo dan menjadi energi baru bagi eksekutif dalam membangun daerah ini.

Dengan kapasitas itu Abdul Rafiq.SH akan lebih banyak berkontribusi dalam pembangunan di Daerah dalam memimpin Eksekutif bersama Bupati Sumbawa mengingat secara kemampuan pribadi, jaringan, managerial, humanisme dan partai politik punya.

Secara terpisah, Ketua DPC PDIP Sumbawa, Abdul Rafiq.SH menyatakan, ada mekanisme yang harus ditempuh dalam menentukan siapa yang diusung partainya pada Pilkada Sumbawa mendatang. Mulai dari Rapat Kerja Cabang Khusus (Rakercabsus) di tingkat Kabupaten. Dari Rakercabsus ini akan merekomendasikan siapa yang dicalonkan. Rekomendasi tersebut akan digodok di DPD PDIP Provinsi NTB. Hasilnya akan dibawa ke DPP untuk di-SK-kan siapa calon kepala daerah atau wakil kepala daerah yang diusung PDIP.

Meski proses ini belum dilakukan, Rafiq mengakui sudah beberapa figure yang melakukan pendekatan secara pribadi. Namun Rafiq enggan menyebutkannya, karena belum ada pembicaraan resmi secara kepartaian. Apalagi dalam mengusung pasangan calon PDIP wajib berkoalisi. "Politik itu dinamis, semua kemungkinan bisa terjadi. Si A bisa berpasangan dengan B, dan B bisa berpasangan dengan C," ujarnya.

Untuk diketahui, Abdul Rafiq SH merupakan figure kuat yang akan diusung PDIP pada Pilkada Sumbawa. Kepastian ini terungkap dalam pidato Ketua DPD PDIP NTB, H. Rachmat Hidayat saat Rakorda PDIP se-Pulau Sumbawa di Hotel Parahiyangan, 14 Desember 2023 lalu, bahwa Rafiq adalah calon tunggal dari PDIP.

Rahmat meyakini Rafiq mampu mengembalikan kejayaan PDIP terutama dalam memenangkan Pilkada 2024. Rachmat juga memuji sosok Rafiq yang disiplin dalam berorganisasi. Termasuk dalam memberikan pelayanan dan kerja-kerja politik kepada masyarakat. Hal itu semakin terlihat sejak Abdul Rafiq menjadi Ketua DPC PDIP Sumbawa yang kemudian dipercaya menjabat sebagai Ketua DPRD Sumbawa.

Selain Rachmat Hidayat, Sekretaris DPD PDIP NTB, Lalu Budi Suryata.SP juga menyatakan hal yang sama. Dalam setiap kampanyenya, politisi yang akrab disapa LBS ini selalu menggaungkan nama Rafiq sebagai Calon Bupati Sumbawa dari PDIP. (Red/ruf)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close