Breaking News

Safari Ramadan di Lobar, Ini Pesan Kepala Kanwil Kemenag NTB

Safari Ramadan
Kanwil Kemenag NTB, H Zamroni Azis, saat memberikan sambutan dalam acara Safari Ramadan di Kantor Kemenag Lobar, Jumat (22/03).

Lombok Barat (postkotantb.com) - Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) NTB, kembali melaksanakan Safari Ramadan dan kali ini lokasinya di Kantor Kemenag Lombok Barat (Lobar), Jumat (22/03) malam. Dalam program ini, Kehadiran Kepala Kanwil Kemenag NTB didampingi istri beserta jajarannya.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Kepala Kantor Kemenag Lobar beserta seluruh jajarannya, para tokoh lintas agama, kepala madrasah negeri maupun swasta, kepala pondok pesantren. Program Safari Ramadan ini dirangkai pula dengan penguatan ASN lingkup Kantor Kemenag Lobar.

Dalam sambutannya, Kepala Kanwil Kemenag NTB, H Zamroni Azis mengatakan, Safari Ramadan merupakan momentum untuk bersilaturahmi dan introspeksi diri. Ia pun mengajak seluruh ASN beserta para hadirin untuk kembali mempererat tali silaturahmi serta kembali melaksanakan aktivitas sesuai dengan tugas dan posisi masing-masing.

Hal ini mengingat NTB khususnya Lobar, telah melewati dinamika pro dan kontra Pemilu Serentak 2024 yang telah berlangsung Bulan Februari lalu.

"Mungkin pilihan kita berbeda. Tapi melalui momentum ini mari kita kembali ke tugas kita, bekerja sesuai dengan posisi kita masing-masing," ajak Kepala Kanwil Kemenag NTB.

Zamroni menekankan peran penting Pondok Pesantren dan Madrasah dalam membantu pemerintah mencerdaskan bangsa. Menurutnya, tanpa Madrasah dan Pondok pesantren, pendidikan di daerah akan tertinggal.

Pada kesempatan tersebut, ia juga mengingatkan agar Kemenag Lobar dapat meningkatkan kolaborasi serta kerja sama yang baik dengan pemerintah daerah beserta stakeholdernya. Termasuk tokoh lintas agama.

"Indonesia ini ada karena keberagaman agama, di Lobar ini luar biasa. ada Hindu, Budda, Kristen dan Islam. Saya tanya tadi mereka mengaku sangat nyaman, aman, tentram dan damai. Karena antar satu dengan yang saling menghormati,"pujinya.

Untuk diketahui, Kemenag Lobar telah membentuk relawan Moderasi Beragama. Dimana para relawannya pun berasal dari lintas agama. Menurut dia, sejauh ini para relawan tersebut telah bekerja dengan baik dalam menjaga keharmonisan umat di Lobar.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Lobar, H Haryadi Iskandar dalam laporannya, memaparkan sejumlah program yang dilaksanakan selama Bulan Ramadan. Diantaranya Festival Ramadan, berupa santunan kepada yatim piatu dan fakir miskin.

Dilanjutkan dengan pembagian sembako untuk lanjut usia dengan jumlah 100 orang yang berada di sekitar kantor Kemenag Lobar. "ASN di Kemenag Lobar rangkaian kegiatannya cukup panjang. Dan sampai sekarang mereka masih berada di tempat ini. Tapi itulah pengabdian, logo ikhlas beramal harus benar-benar berada di diri kita," bebernya.

Tidak hanya itu, ASN di Kantor Kemenag Lobar bekerja sama dengan Baznas Lobar dan P3K, telah berhasil mengumpulkan sekitar 500 paket sembako yang akan dibagikan ke orang-orang yang tergolong kurang mampu.

Ia menambahkan, kegiatan Festival ramadan juga melibatkan Umat Hindu dan Budha. Sehingga suksesi kegiatan Hari ini berkat peran serta semua lintas agama. Bahkan rencana ke depan, tidak hanya orang-orang muslim, Sumbangan paket sembako akan disebarkan ke Umat-umat lainnya.

"Mudah-mudahan lewat safari Ramadan ini, seluruh ASN Kemenag Lobar beserta para kepala madrasah mendapatkan pencerahan dari Pak Kakanwil NTB. Sehingga hari-hari dapat bekerja dengan baik dan maksimal,"harapnya.(RIN)
 

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close