Breaking News

Ketua DPRD Sumbawa Terima Kunker Wakil Ketua DPRD Kota Mataram, Bahas Program Inovatif



Ketua DPRD Sumbawa Terima Kunker Wakil Ketua DPRD Kota Mataram, Bahas Program Inovatif
Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa Abdul Rafiq. SH bersama Wakil Ketua DPRD Kota Mataram Nyayuk Ernawati, S.Sos. Foto Ist/Lalu Indrawan



Sumbawa Besar (postkotantb.com) - Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa Abdul Rafiq, SH menerima kunjungan kerja Wakil Ketua DPRD Kota Mataram Nyayuk Ernawati, S.Sos beserta rombongan, Jumat (03/5/2024).

Rombongan diterima di ruang kerja Ketua  DPRD Kabupaten Sumbawa bersama Tim Ahli DPRD.

Dalam kesempatan itu, Wakil Ketua DPRD Kota Mataram Yayuk Ernawati, S.Sos menyampaikan tujuan kunjungan kerja ke DPRD Sumbawa ini merupakan kunjungan balasan Ketua DPRD Sumbawa beberapa waktu lalu yang sudah datang ke Kantor DPRD Kota Mataram, sekaligus mempelajari pengalaman DPRD Sumbawa dalam mengembangkan pariwisata untuk peningkatan PAD dan mendapatkan informasi tentang tata kelola Kantor DPRD Sumbawa.

Sementara, Wakil Ketua DPRD Kota Mataram, Erna, terinspirasi oleh program Kabupaten Layak Anak (KLA) atau Rumah Ramah Anak dan Rumah Aman bagi Anak di DPRD Sumbawa dengan beragam upaya di antaranya menginisiasi Raperda Kabupaten Layak Anak.

Kunjungan Wakil Ketua DPRD Kota Mataram beserta rombongan itu, disambut gembira Ketua DPRD Sumbawa Abdul Rafiq SH.

Dalam pertemuan tersebut terjadi diskusi tentang upaya perlindungan anak, upaya pemerintah daerah dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), termasuk pengembangan destinasi wisata dan pelestarian budaya lokal.

Ketua DPRD Sumbawa, Abdul Rafiq, SH dalam pertemuan itu menjelaskan salah satu  strategi DPRD Sumbawa dalam perlindungan anak adalah dengan menginisiasi Perda Perlindungan Perempuan dan Anak juga Ranperda Kabupaten Layak Anak.

Demikian pula di sektor pariwisata dengan turut mempromosikan pariwisata yang ada di daerah, yaitu dengan menjadikan gedung parlemen sebagai tempat wisata (Parlemen Tourism) terbuka untuk umum dan memamerkan lukisan dan foto destinasi wisata Istana Dalam Loka, keindahan pantai dan pulau-pulau kecil, air terjun, Pulau Moyo, keindahan bawah laut, seni budaya lokal, dan kegiatan tradisional seperti pacuan kuda, Barapan Kebo, Nganyang, Pesta Ponan dan sebagainya.

''DPRD Sumbawa menekankan pentingnya komunikasi dan koordinasi yang sinergis dengan Pemda untuk memaksimalkan potensi PAD yang ada,'' ujar Rafiq.

Dikatakan, pihaknya telah membentuk Pansus dan melakukan penelitian untuk meningkatkan PAD, yang menghasilkan peningkatan target pendapatan dari sektor pajak hotel dan restoran, retribusi parkir, pasar, dan terminal.

Setelah itu Wakil Ketua DPRD kota Mataram dan rombongan diajak berkeliling kantor sambil menjelaskan beberapa makna lukisan atau foto yang ada dengan objek destinasi wisata, kegiatan budaya luhur lokal Samawa.

''Kunjungan Wakil Ketua DPRD Kota Mataram ke DPRD Sumbawa merupakan langkah positif untuk saling belajar dan berbagi pengalaman dalam meningkatkan kinerja dan pelayanan kepada masyarakat. Kunjungan ini diharapkan dapat menghasilkan program-program inovatif, sehingga dapat bermanfaat bagi kedua daerah nantinya,'' ujar Rafiq. (Indra)

0 Komentar

Posting Komentar
DISCLAIMER: POST KOTA NTB menggunakan iklan pihak ketiga ADSTERRA. Kami tidak bisa sepenuhnya mengatur tayangan iklan. Jika muncul tayangan iklan yang dianggap melanggar ketentuan, harap hubungi kami untuk kami tindaklanjuti.

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close