Breaking News

Perpustakaan dan Arsip Daerah Laksanakan Workshop Budaya Gemar Membaca



Lombok Utara (postkotantb.com)  - Pemenuhan bahan bacaan yang bermutu adalah salah satu kunci utama dalam meningkagkan kegemaran membaca. Karena itu, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupatrn Lombok Utara  menyelenggarakan Workshop  kegemaran Budaya membaca dan penyerahan bantuan buku pada 10 Perpustakaan/TBM, Rabu 8 Mei 2024, dihalaman Dispusarsip KLU.

Kadis Perpustakaan dan Arsip Daerah (Dispusarsip) Kabupaten Lombok Utara, Ir. Wahyu Darmawan,  M.Si, dalam sambutannya menuturkan kegiatan ini merupakan implementasi dari amanat Undang-Undang No. 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan melalui gerakan nasional “Gemar Membaca”. dal rangka pembudayaan melalui keluarga, satuan pendidikan dan masyarakat.


Oleh karena itu, perpustakaan harus bisa mendorong terciptanya masyarakat "Gemar Membaca" menuju masyarakat belajar dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa”, jelasnya.

Wahyu Darmawan berharap, Workshop Kegemaran Budaya Membaca ini dapat memotivasi kita semua untuk semakin mengoptimalkan peran dan keberadaan perpustakaan, membangun jejaring dan komunitas literasi yang saling memberdayakan.

“Tujuan dari penyelenggaraan kegiatan workshop hari ini, pertama memberikan bimbingan calon bunda literasi/duta baca daerah dan pegiat literasi agar dapat berinovasi, mengembangan ide kreatif dan gagasan, menyusun dan melaksanakan yang sesuai dengan kondisi dan karakter daerah.

Kedua, tercapainya sinergritas dalam penyusunan program kegiatan antara bunda baca/duta literasi dengan dinas perpustakaan daerah dan nasional RI dalam membangun Indonesia maju dan unggul melalui masyarakat gemar membaca, cerdas, inovatif, produktif dan kompetitif”, tuturnya.

Sementata Bupati Lombok Utara, yang di wakili Asisten 1, Atmaja Gumbara, S.IP, saat bacakan sambutan tertulis Bupati mengatakan, Workshop Kegemaran Budaya Membaca ini dapat memotivasi kita semua untuk semakin mengoptimalkan peran dan keberadaan perpustakaan, membangun jejaring dan komunitas literasi yang saling memberdayakan.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat dan menyadarkan kita mengenai masalah literasi pada daerah yang terpencil secara serius, dan pemerintah daerah mengapresiasi kegiatan workshop ini dan perlu adanya kolaborasi kedepannya dalam rangka memajukan tujuan kegiatan ini di masa mendatang,” tukas, Atmaja.

“Harapannya kegiatan ini bisa meningkatkan literasi di masyarakat, menjadi pegiat literasi di daerahnya, mengembangkan minat baca, menjalin kolaborasi dengan pegiat-pegiat literasi daerah Kabupaten Lombok Utara  dalam membangun komunitas literasi”, harapnya.

Ke.ampuan dan Kegemaran membaca merupakan modal penting dalam penyelenggaraan pensisikan, baik formal maupun non formal dalam rangka meningkatkan pembangunan masyarakat untuk hidup lebih cerdas, berwawasan luas dan dalam menghadapi tantangan serta peluang di era glibalisasi ini.  
 
Pembudayaan kegemaran membaca perlu ditanamkan kepada  anak anak sendiri sesini mungkin, serta dilakukan secara berkelannutan dalam kondisi yang kondusif, harmonis serta komunikatif.  


Penanganan tidak cumup hanya oleh Guru atau kimunitas di sekolah, peran orang fua, masyarakat, pemerintah dan lembaga suasta yang pedulu juga merupaka  faktor penting dan sangan kami harapkan, tutur Asisten 1, Atmaja Gumbara, seraya nyatakan

"Workshop  kegemaran Budaya membaca dan penyerahan bantuan buku pada 10 Perpustakaan/TBM Resmi dibuka". Semoga segala ikhtiar kita senantiasa mendapat Ridho Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa. (@ng)

0 Komentar

Posting Komentar
DISCLAIMER: POST KOTA NTB menggunakan iklan pihak ketiga ADSTERRA. Kami tidak bisa sepenuhnya mengatur tayangan iklan. Jika muncul tayangan iklan yang dianggap melanggar ketentuan, harap hubungi kami untuk kami tindaklanjuti.

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close