Breaking News

Bersama TNI, Dinas Pertanian Lombok Tengah Distribusikan 62 Alsintan untuk Poktan

 


Lombok Tengah (postkotantb.com) — Dinas Pertanian Kabupaten Lombok Tengah bersama TNI Kodim 1620/Loteng distribusikan 62 alat dan mesin pertanian (Alsintan) untuk kelompok tani (poktan) se Kabupaten Lombok Tengah.

Acara seremonial penyerahan dan pendistribusian Alsintan ini dilaksanakan di halaman kantor Balai benih utama (BBU) dinas pertanian Kabupaten Lombok Tengah Loteng Desa Aik Mual Kecamatan, Praya Lombok Tengah.


Dalam pendistribusian, dihadiri oleh Kepala BSIP NTB, Awaludin, Kadis pertanian Loteng M. Kamrin Kadafi, Pasiter Kodim 1620/Loteng Kapt. Inf Ali Murtono, Danramil 1620-01/Praya Kapt. Inf Suliono, Para Kepala UPT, PPL dan Babinsa serta para Poktan Penerima Mesin Pompa.

Perwira seksi Teritorial (pasiter) Kodim 1620/Loteng Kapten Inf Ali Murtono menyampaikan, bahwa pemilihan kelompok tani oleh Dinas pertanian Loteng sebagai penerima Alsintan didasarkan pada kebutuhan dan potensi peningkatan produktivitas masing-masing kelompok di setiap daerah.

Distribusi 62 Alsintan meliputi mesin pompa beserta selang penyalur air untuk pompanisasi, Alat-alat ini diharapkan akan dapat membantu para petani dalam berbagai tahap proses pertanian, mulai dari pengolahan tanah, irigasi, hingga penanaman.


“Kami yakin dengan adanya Alsintan yang dibagikan oleh pemerintah kepada para petani akan dapat meningkatkan hasil produksi pertaniannya,” kata pasiter Kapten Inf Ali Murtono usai penyerahan secara simbolis Alsintan kepada Poktan oleh dinas pertanian Selasa, (04/06/2024).

Penggunaan teknologi pertanian modern ini tidak hanya mempercepat proses kerja, tetapi juga meningkatkan kualitas hasil pertanian para petani.

"Kami sangat mengapresiasi apa yang dilakukan oleh dinas pertanian sebagai bagian dari upaya pemerintah daerah dalam meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan petani lokal secara bertahap," terang kapten Ali Murtono.

Menurutnya, pentingnya peran teknologi dalam pertanian modern yang harus dimiliki oleh para kelompok tani agar tetap mandiri dalam meningkatkan produktivitas pertanian yang di kelola.

“Dengan adanya Alsintan yang di bagikan oleh pemerintah, kami sebagai aparat kewilayahan berharap para petani dapat mengolah lahan mereka dengan lebih efisien dan meningkatkan hasil panen,” jelasnya..

Kolaborasi TNI dalam pendistribusian Alsintan ini menunjukkan sinergi antara instansi pemerintah dan aparat keamanan dalam mendukung pembangunan sektor pertanian di kabupaten Lombok Tengah.


Program distribusi Alsintan merupakan bagian dari program nasional yang bertujuan meningkatkan ketahanan pangan baik pusat maupun lokal dan mendukung pertumbuhan ekonomi di daerah pedesaan.

Diharapkan, bantuan ini dapat memberikan dampak positif yang signifikan bagi kesejahteraan petani khususnya di Lombok Tengah serta menginspirasi daerah lain untuk melakukan hal serupa," tandas Kapten Ali Murtono. (Red)

0 Komentar

Posting Komentar
DISCLAIMER: POST KOTA NTB menggunakan iklan pihak ketiga ADSTERRA. Kami tidak bisa sepenuhnya mengatur tayangan iklan. Jika muncul tayangan iklan yang dianggap melanggar ketentuan, harap hubungi kami untuk kami tindaklanjuti.

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close