Breaking News

Wujudkan Digitalisasi Kampus, Unram Tandatangani MoU Gitalized University Dan Cashless Environment


Mataram (Post Kota NTB)- Dalam rangka mewujudkan digitalisasi kampus, Bank Mandiri, PT Digital Artha Media, PT Asia Inovasi Teknologi dan Universitas Mataram mengumumkan kesepakatan kerja sama untuk menghadirkan perangkat pendukung digitalized university dan cashless environment di Audotorium Unram Kamis, (23/2017).

Wakil Rektor I Lalu Wira Sapta Kariadi menuturkan, Saat ini sistem pendidikan di Indonesia telah mengalami transformasi digital, seiring dengan eksplorasi dan pemanfaatan teknologi untuk mewujudkan transformasi pendidikan abad ke-21. Konsep pembelajaran digital, telah mendorong pengembangan kemampuan mahasiswa dalam komunikasi, komputasi.

“Teknologi memainkan peranan penting agar dunia pendidikan terus bergerak secara dinamis dan inovatif. Digitalized university yang dibangun dengan koloborasi dari banyak pihak ini tentunya akan menciptakan connectivity dan accessibility bagi mahasiswa dan dosen dalam mempermudah proses belajar mengajar.” Ujarnya.

Ia menambahkan, pihaknya mendukung dengan adanya program digitalisasi kampus,  di era modern seperti sekarang sangat penting, karena akan menunjang proses edukasi bagi mahasiswa. Dimana dengan adanya digitalisasi kampus tersebut, akan tercipta  Kolaborasi dan berpola pikir kritis serta kreatif. Oleh sebab itu, pihaknya meminta agar pihak terkait beserta mahasiswa ikut terlibat dalam mengembangkan proses digitalisasi kampus tersebut. tujuannya agar pihak kampus dan mahasiswa dapat mengadopsi teknologi sehingga membantu aktivitas menjadi lebih mudah dan cepat.
Ini tentunya sesuai dengan visi kami untuk menjadi lembaga pendidikan tinggi berbasis riset berdaya saing internasional tahun 2025, salah satunya dengan mempersiapkan sumber daya yang menguasai teknologi digital,” Terangnya.

Managing Director LINE Indonesia Dale Kim juga turut mengekspresikan kebanggaannya melalui realisasi cashless transaction ini. Upaya program digitalisasi dan cashless environment yang dilaksanakan dengan Universitas Mataram merupakan suatu kebanggaan bagi LINE Pay e-cash untuk dapat mengambil bagian dalam Gerakan Nasional Non Tunai. Mahasiswa merupakan salah satu target market dari LINE dan program ini sangat mendorong kami untuk dapat memberikan kenyamanan dan keamanan yang lebih lagi dalam bertransaksi secara non tunai, Ungkapnya.

Area Head Bank Mandiri Gunawan Edi Sasongko mengatakan, Dengan adanya kerjasama antara Bank Mandiri dan Universitas Mataram, kini lebih dari 30.000 mahasiswa akan memiliki akses untuk pembayaran non-tunai dengan mandiri e-cash serta LINE Pay e-cash. Melalui produk-produk cashless ini, pihaknya ingin mendorong implementasi kegiatan kampus yang serba digitalized, dengan semangat Cashless Society yang akan memudahkan seluruh mahasiswa dalam melakukan berbagai macam pembayaran secara non-tunai. 

“Semuanya bisa dilakukan hanya dengan menggunakan mandiri e-cash atau LINE Pay e-cash dari smartphone mereka, mudah, aman dan cepat,” Terangnya.

Managing Director PT Digital Artha Media Fanni Verona menjelaskan, Untuk penerapan cashless environmentdi lingkungan kampus PT Digital Artha Media, sebagai startup fintech yang mengoperasikan mandiri e-cash,  turut berkomitmen guna bersama-sama membangun solusi transaksi eletronik di lingkungan Universitas Mataram.
“Sebagai penyedia solusi pembayaran non-tunai untuk mandiri e-cash dan LINE pay e-cash, kami turut bangga bisa membantu membentuk sebuah lingkungan modern dan digital di kampus ini. Hal ini pun sejalan dengan visi kami untuk menyediakan cashless environment kepada semua pengguna melalui perangkat seluler dengan sistem transaksi elektronik untuk kebutuhan finansial penggunanya,” Jelasnya.

Dirinya berharap solusi digital finansial ini mampu mengedukasi mahasiswa serta mempersiapkan generasi muda memasuki era digital abad ke-21, dimana akan dimulai dari lingkungan kampus. “Dengan harapan mereka mampu memiliki gaya hidup modern yang lebih digital serta dapat membantu mewujudkan cashless society di mulai dari lingkungannya.” Ujarnya.


Selain produk cashless dari Bank Mandiri, Universitas Mataram juga menghadirkan beberapa solusi digital yang dapat digunakan melalui transaksi cashless bagi kebutuhan mahasiswa yang dikembangkan oleh PT Asia Inovasi Teknologi, seperti Student Smartcard, Digital Kiosk, Digital Library, Cloud Printing hingga Digital Signage. (Eka)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close