Saturday, December 16, 2017

Hj. Erica Ajak Pedagang Terapkan Pola Hidup Sehat Di Pasar Kebon Roek Ampenan


Hj. Erica Berdialog Dengan Sejumlah Warga

Mataram (postkotantb.com)- Ketua TP. PKK Provinsi NTB Hj. Erica Zainul Majdi menghimbau para pedagang di Pasar Tradisional Kebon Roek untuk mengutamakan kesehatan dengan menerapkan pola Hidup Sehat.“ Sesibuk apapun inaq-inaq di pasar, jangan lupa untuk menjaga kesehatan diri sendiri dan lingkungan, ” ajak Hj.Erica Majdi.

Himbauan tersebut disampaikan Hj. ERICA didampingi Wakil Ketua I Hj. Syamsiah M. Amin dan jajarannya saat mengunjungi Pasar Tradisional Kebon Roek Ampenan Kota Mataram, Jumat pagi (15/12/17). Kunjungan istri Gubernur NTB bukanlah sekedar meninjau kondisi pasar, melainkan membawa serta Tim Dokter dari RSUD Provinsi NTB guna melakukan Bhakti sosial pemeriksaan kesehatan kepada para pedagang dan ibu ibu di pasar tersebut.
Selain pemeriksaan kesehatan gratis, Hj.Erica juga memberikan vitamin serta obat gratis sesuai hasil diagnosa dokter, sekaligus dimanfaatkan untuk mengajak masyarakat selalu menjaga kesehatan dan pola hidup sehat.

“Kesehatan adalah kunci keberhasilan dan kunci kesejahteraan dari ibu/bapak sekalian yang bekerja dengan segala kesibukan pekerjaan di pasar yang sangat padat, dari ba’da subuh hingga pasar ini ditutup.  Namun demikian, kesehatan harus tetap diutamakan," pesannya penuh keibuan.

Kepada para pedagang, Hj. Erica sempat menceritakan hasil wawancaranya dengan para dokter yang melakukan pemeriksaan. Diungkapkan bahwa penyakit yang banyak diderita oleh pedagang di pasar adalah darah tinggi. Karenanya Hj. Erica mengajak ibu/bapak pedagang untuk secara berkala melakukan pemeriksaan kesehatan. " Darah tinggi merupakan penyakit yang berbahaya. Inaq-inaq harus rajin periksa kesehatan. Periksa tensi darah minimal satu bulan sekali ke Puskesmas atau kedokter”, ujar Hj. Erica.

Hj.Erica juga mengingatkan kepada para di pasar Kebon Roek, bagi yang belum memiliki kartu BPJS agar  pro aktif, mendatangi kepala desa, kepala lingkungan maupun ketua RT ataupun tokoh masyarakat untuk menanyakan bagaimana cara memperoleh BPJS. “BPJS penting sekali. Haknya digunakan, ibu/bapak memiliki hak untuk mendapatkan pelayanan kesehatan gratis dari pemerintah. Kalau sudah punya BPJS, insyaallah berbagai penyakit dapat diobati dan diatasi dengan segera,"tuturnya.



Setelah acara bhakti sosial pemeriksaan kesehatan, Hj. Erica beserta rombongan menuju lokasi bank sampah di Desa Sukaraja Ampenan. Bank sampah di Sukaraja ini menjadi tempat yang bukan hanya berfungsi sebagai tempat utk berekreasi, namun lebih difokuskan sebagai tempat belajar bagi siapapun yang bersimpatik akan kreasi yang dapat dihasilkan dari sampah-sampah yang bagi sebagian orang berfikir sudah tidak berguna.(RZ)

No comments:

Post a Comment