Breaking News

Louncing Bansos Beras Rastra, Dinsos Sasar Tiga Kecamatan

Kepala Dinas Sosial Lombok Timur, H.Raden Mulyanto Tejo Kusumo bersama Kepala Bulog Divre Lombok Timur Sekamet Rianto saat Louncing perdana Bansos Rastra 2018
Lombok Timur (Post kota NTB)- Pemerintah Lombok Timur tahun 2018, akan menyalurkan bantuan sosial Gratis kepada masyarakt pra Sejahtra sebanyan 138.148 KK. Bantuan ini bukan lagi di istilahkan  Raskin untuk masyarakat Miskin,  karena bantuan bagi masyarakat miskin mulai tahun 2018 sudah tidak lagi dialokasikan kepada masyarakat yang dikategorikan masih miskin. Namun pemerintah sudah mengubah istilah tersebut dengan Bantuan sosial Beras bagi masyarakat Pra Sejahtera,yang lebih dikenal dengan Bansos Rastra.
Kepala Dinas Sosial Lombok Timur, H.Raden Mulyanto Tejo Kusumo dalam kata sambutannya saat Louncing perdana Bansos Rastra 2018  mengatakan, tahun sebelumnya masyarakat dibrikan bantuan dengan istilah beras raskin, dimana masyarakat dibebani kewajiban menebus sebesar Rp. 1.600, namun pada tahun 2018 tidak lagi dengan istilah raskin, akan tetapi sekarang bantuan kepada masyarakat tidak akan dibebani dengan kewajiban melakukan penebusan karena sekarang istilahnya bantuan sosial Rastra secara gratis.
“kalau dulu masyarakat kita di berikan bantuan dengan disubsidi beras dengan istilah beras raskin ( Beras untuk masyarakat Miskin )dengan dibebani kewajiban menebus sebesar Rp.1.600,namun pada tahun 2018 ini tidak lagi dengn istilah Raskin, namun sekarang bantuan kepada masyarakat tidak akan dibebani dengan kewajiban melakukan penebusan,karena sekarang istilahnya Bantuan sosial Beras Rastra dan BPNT.masyarakt kita diberikan bantuan Sosial Rastra secaraGratis,”jelasnya
Lebih lanjut, pemberian Bansos Rastra berbeda dengan dengan bantuan Raskin, kalau Rastra ini semuanya gratis, dengan demikian Masyarakat penerima Manfaat (MPM) berhak menerima Rastra sebanyak 10 Kg dan tidak boleh kurang sedikitpun. “Seperti pengalaman pada waktu di istilahkan bantuan raskin dimasa lalu.”terangnya
Menurutnya, Data MPM yang berhak menerimanya  tentu sudah ada pada pihak dinas sosial yang di ambil atau didata dari masing masing Desa se Lombok Timur. Setelah dilakukan pendataan oleh masing masing desa lalu data tersebut akan diverifikasi sebelum di kirim ke pusat, yakni menteri sosial. “Setelah kami menerima kembali data tersebut dari kementerian baru ditindak lanjuti ke Masyarakat Penerima Mamfaat,” Terangnya saat  Louncing Perdana Pendistribusian ketiga Kecamatan yakni Kecamatan Keruak,Kecamatan Jerowaru dan Kecamatan Sakra Barat.
Sejauh ini jumlah penerima mamfaat secara keseluruhan sebanyak 138.148 KK, dan data selengkapnya di seluruh Kab. Lombok Timur sudah ada pada kantor Dinas Sosial .
Sementara itu di tempat yang sama Kepala Bulog Divre kab.lombok Timur Sekamet Rianto mengatakan, Bulog dalam hal ini hanya melaksanakan Tupoksi sebagai pelaksana tugas, melaksanakan perintah dari pemerintah dalam hal ini Dinas Sosial, “jika dinas sosial meminta kami untuk melakukan penderopan,kami akan laksanakan penderopan tersebut, dan tentu sesuai yang ada dalam rekomendasi dari Dinsos,”ungkapnya.  Ditambahkan, jika pemerintah meminta pihaknya untuk melakukan penderopan berapapun, pihaknya akan laksanakan, “kami pihak Bulog pada prinsipnya sudah siap dan stok beras Rastra kami sudah cukup,”tegasnya (Mul)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close