Monday, June 25, 2018

Lombok Care Comunity Gelar Bersih-Bersih Pantai

Sejumlah pelaku wisata lakukan kegiatan bersih pantai sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan
Lombok Barat (postkotantb.com)- Insan Peduli Pariwisata atau Lombok Comunity Care yang terdiri dari para pemandu wisata, pengelola akomodasi, pengelola resturan, bisnis sovenir dan oleh-oleh serta pelaku pariwisata lainnya bekerjasama degan Lanal Mataram (TNI AL) dan Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Barat menggelar acara bersih pantai yang berlokasi di pantai Melase dan Duduk Kecamatan Batu Layar Kabupaten Lombok Barat, Senin (25/6).

Kordinator kegiatan Pasek Arianta menjelaskan kegiatan bersih-bersih pantai tersebut sebagai lanjutan dari acara serupa yang di lakukan pada saat perayaan lebaran ketupat. Sebanyak 30 karung di siapkan untuk menampung sampah yang di ambil di sepanjang pantai melase dan duduk tersebut. Sampah-sampah ini kemudian di angkut oleh Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup Kabupaten Lombok Barat untuk di kirim ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA)  Kebon Kongok.

Lebih jauh Pasek mengatakan kegiatan tersebut murni sebagai kepedulian terhadap kebersihan lingkungan terlebih paska pelaksanaan lebaran ketupat dimana kawasan ini masih berserakan sampah plastik yang tidak sempat di bersihkan.

Selain itu anggota HPI NTB ini juga memaparkan kegiatan beach clean ini sebagai upaya untuk memberikan edukasi kepada masyarakat agar menjaga lingkungan dan memperhatikan masalah kebersihan. Maka sejumlah warga yang berada di kawasan pantaipun di libatkan untuk ikut serta memungut sampah plastik yang berserakan di pantai tersebut.

"Perkumpulan Insan Peduli Pariwisata Lombok atau Lombok Care Community, merupakan wadah perkumpulan semua pelaku pariwisata, gerakan awal kami tanggal 14 Juni 2016, gerakkan Ini sebagai bentuk edukasi dan Peduli wisata dan obyek wisata," ujarnya.

Kegiatan serupa ucap Pasek akan kembali di gelar. Selain melibatkan semua anggota yang terhimpun di dalam forum tersebut juga akan melibatkan pemerintah serta masyarakat sekitar yang menjadi lokasi untuk kegiatan bersih pantai.(RZ)

No comments:

Post a Comment