Breaking News

Gempa 6,4 SR Goyang Lombok, 10 Orang Tewas, Puluhan Luka Dan Ratusan Rumah Rusak

Salah satu bangunan yang roboh akibat gempa 6,4 SR yang mengguncang Lombok
Mataram (postkotantb.com)- Minggu pagi (29/7) Lombok, Sumbawa Dan Bali di guncang gempa tektonik dengan kekuatan 6,4 Schala Richter. BMKG menyatakan Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 8,4 LS dan 116,5 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 47 km arah timur laut Kota Mataram, Propinsi Nusa Tenggara Barat pada kedalaman 24 km.

Dengan memperhatikan lokasi episenter, kedalaman hiposenter, dan mekanisme sumbernya maka gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Naik Flores (Flores Back Arc Thrust). Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan gempa ini, dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan naik (thrust fault). Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami

10 orang tewas akibat gempa ini, satu diantaranya merupakan warga negara Malaysia yang sedang melakukan pendakian ke Gunung Rinjani. 40 orang lainnya mengalami luka luka serta ratusan rumah mengalami kerusakan. Sutopo Purwo Nugroho Kapus Informasi dan Humas BNPB menyatakan, daerah yang paling terdampak adalah Kabupaten Lombok Timur dan Lombok Utara. Jarak yang sangat dekat dengan pusat gempa membuat dua daerah ini menjadi daerah yang paling parah terkena dampak gempa bumi.(RZ)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close