Ketua BPD Gapensi NTB Himbau Pengusaha Lokal Tingkatkan Daya Saing

Ketua BPD Gapensi NTB Himbau Pengusaha Lokal Tingkatkan Daya Saing

, Tuesday, October 16, 2018 WIB Last Updated 2018-10-16T11:15:36Z
Ketua BPD Gapensi NTB Kukuh Sugiarto minta pengusaha lokal untuk meningkatkan daya saing
Mataram (postkotantb.com)- Bisnis jasa konstruksi semakin menggeliat, persaingan di sektor konstruksipun kini semakin ketat. Sejak pemberlakuan pelelangan melalui online persaingan terbuka tidak bisa di elakan. Seluruh pengusaha kini bisa mengakses dan ikut melakukan penawaran yang di tayangkan oleh Unit Layanan Pengadaan (ULP). 

Persaingan terbuka  memaksa pengusaha lokal harus meningkatkan kapasitas dan kapabilitas sehingga tidak tersingkir pada saat pelelangan. Ketua Badan Pimpinan Daerah (BPD) Gabungan Pelaksana Konstruksi Seluruh Indonesia (Gapensi) Nusa Tenggara Barat Kukuh Sugiarto, ST mengatakan di era keterbukaan saat ini sangat penting bagi pengusaha lokal untuk meningkatkan kemampuan dan mempersiapkan diri baik kesiapan administrasi, kesiapan tenaga ahli dan kesiapan lainnya. 

Lebih jauh Kukuh menegaskan, pengusaha lokal harus memahami bidang yang di tekuninya terutama sektor konstruksi yang di gelutinya." Pengusaha lokal harus tau bidang yang di tekuni, jangan sampai membuat penawaran saja tidak bisa, kontraktor harus bisa bersaing dengan pengusaha luar, bagaimana bisa bersaing kalau tidak paham dengan bidang yang di tekuninya, kontraktor harus pro seorang kontraktor gedung harus paham luar dalam persoalan gedung, begitu juga dengan kontraktor jalan, kontraktor bangunan air harus paham," ujarnya. 

Menurut Kukuh kemampuan pengusaha lokal di bidang jasa konstruksi pada dasarnya sama dengan pengusaha luar, namun terkadang kendala yang di hadapi pengusaha lokal adalah ketidaksiapan dalam menghadapi proses pelelangan. BPD Gapensi NTB ujar Kukuh akan melakukan pelatihan bagi anggotanya untuk meningkatkan kemampuan baik di bidang teknik maupun administrasi. 

"Jadi mulai sekarang pengusaha lokal harus mempersiapkan diri, jangan sampai persoalan administrasi perusahaan semisal kelengkapan perusahaan tidak di lengkapi," cetusnya. 

Kukuh Sugiarto terpilih sebagai Ketua BPD Gapensi NTB setelah meraih suara mutlak pada Musyawarah Daerah yang di gelar di Pendopo Gubernur, Senin (10/10) lalu. Adapun program yang menjadi pekerjaan rumah yang harus di tuntaskan adalah konsolidasi internal pengurus. Selain itu akan menggelar pelatihan bagi anggotanya dengan menggandeng lembaga profesional dan pemerintah.(RZ) 
Komentar

Tampilkan

Terkini