Monday, October 15, 2018

Selasa Atau Rabu Dana Bantuan Untuk Korban Gempa Lombok Akan Dicairkan

Gubernur NTB Dr. Zulkieflimansyah (dua dari kanan) berpose bersama Kepala BPKP, Menteri PUPR dan Kepala BNPB usai menggelar pertemuan dengan Presiden Jokowi di Istana Negara
Mataram (postkotntb.com)- Gubernur Nusa Tenggara Barat Doktor Zulkieflimansyah bersama Kepala BNPB, Menteri PUPR dan Kepala BPKP hari ini, Senin (15/10) menghadap Presiden Joko Widodo untuk membahas proses pencairan dana bantuan gempa bumi di Lombok. 

Dijadwalkan Presiden Jokowi pada hari Kamis (18/10) akan datang ke NTB dan Presiden memastikan bahwa korban gempa yang telah mendapatkan buku tabungan dan rekening, dana bantuan untuk pembangunan hunian tetap bisa di cairkan pada hari Selasa atau Rabu. 

Pernyataan tersebut di sampaikan oleh Gubernur Nusa Tenggara Barat Doktor Zulkieflimansyah kepada media ini. Lebih jauh Dr. Zul demikian sapaan akrabnya menjelaskan prosedur pencairan dana yang sebelumnya rumit dan berbelit belit di pangkas total. Pencairan dana bantuan tersebut kini cukup menandatangani satu lembar persyaratan yang di tanda tangani oleh Pokmas dan PPK. 

"Jadi bagi yang ingin cair, segera bentuk Pokmas. PPK dari BPBD akan kami minta turun proaktif ke bawah, ke kecamatan dan desa agar bisa selesai dalam 2 hari ini," ujarnya. 

Lebih jauh Dr. Zul mengatakan pada pertemuan bersama Kepala BNPB pusat, Menteri PUPR dan Kepala BPKP, Presiden meminta agar proses pencairan dana ke masyarakat tidak ribet. Proses pencairan yang tadinya 17 lembar kini menjadi 1 lembar saja.

Seperti di ketahui masyarakat yang menjadi korban gempa mendapatkan bantuan dengan jumlah bervariasi tergantung tingkat kerusakan rumah. Untuk rusak berat akan mendapatkan 50 juta, rusak sedang mendapatkan 25 juta dan rusak ringan mendapatkan 10 juta rupiah.(RZ) 

No comments:

Post a Comment