Breaking News

Jelang Akhir Tahun Forum Jurnalis Pariwisata NTB Gelar Kegiatan Bersih Pantai

FJP bersama warga melakukan aksi bersih bersih pantai di Pantai Duduk dan Senggigi Beach
Lombok Barat (postkotantb.com)- Menjelang pergantian tahun, Forum Jurnalis Pariwisata (FJP) NTB menggelar kegiatan bersih bersih pantai. Kegiatan Beach Clean ini di lakukan di dua tempat yakni di Pantai Duduk Batu Layar dan Pantai Senggigi, Senin (31/12).

Bersama warga sekitar, para pelaku pariwisata dan Pol Air, FJP membersihkan bibir pantai di dua kawasan wisata ini. Belasan karung sampah organik dan non organik berhasil di kumpulkan. Sampah yang terkumpulpun di kirim ke tempat pembuangan sementara.


Ketua FJP Suparman menjelaskan kegiatan bersih bersih pantai ini sebagai bentuk kepedulian terhadap kebersihan lingkungan serta memberikan  edukasi kepada masyarakat khususnya yang berada di kawasan wisata untuk meningkatkan kesadaran pentingnya menjaga kebersihan sehingga para wisatawan yang datangpun merasa nyaman. Selain itu kegiatan ini juga sebagai bentuk mendukung upaya pemerintah daerah mempercepat recovery pariwisata paska di landa bencana alam gempa bumi. 

"Kegiatan ini bentuk kepedulian kita para kuli tinta yang konsen terhadap pariwisata untuk memberikan edukasi kepada masyarakat yang beraktivitas di kawasan wisata agar lebih sadar pentingnya menjaga kebersihan," papar Parman. 

Saimah warga yang berjualan di kawasan pantai Duduk Batu Layar mengucapkan terima kasih di lakukannya kegiatan bersih pantai tersebut. Iapun mengaku selama ini memang kekurangan tempat sampah dan peralatan lainnya. 

"Disini kami masih kekurangan tempat sampah, kami sudah usulkan kepada pihak desa agar di taruhkan lagi tempat sampah tapi sampai saat ini belum di sediakan," ujarnya. 

Sementara di pantai senggigi, warga yang berjualan di area tersebut langsung membaur bersama kuli tinta untuk ikut bergotong royong mengangkat sampah. Tidak ketinggalan pula aparat Pol Air yang bertugas di kawasan Pantai Senggigi juga ikut turun mengambil sampah.


Saburen anggota Pol Air yang bertugas di Pantai Senggigi mengaku, secara umum kondisi Pantai Senggigi cukup bersih, namun sampah menumpuk karena pengunjung yang kerap membuang sampah sembarangan. Kehadiran FJP yang melakukan aksi bersih pantai pun mendapat apresiasi dari anggota Pol Air ini. 

"Saya senang sekali bisa di laksanakan kegiatan ini, semoga kedepannya aksi serupa juga bisa di gelar, iya kita berharap masyarakat khususnya pengunjung lebih sadar pentingnya menjaga kebersihan," ucapnya.


Selain menggelar aksi bersih bersih pantai, FJP juga memberikan warga sekitar di dua tempat ini alat kebersihan, berupa tas plastik tempat sampah, keranjang sampah, sapu lidi dan gareng untuk membersihkan sampah.(RZ) 

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close