Monday, May 27, 2019

Disdag NTB Pimpin Sidak Parcel Hindari Produk Kadaluarsa

Kadis Perdagangan Provinsi NTB Hj. Putu Selly Andayani pimpin sidak parcel cegah produk kadaluarsa
Mataram (postkotantb.com)- Senin (27/5) Dinas Perdagangan Provinsi NTB bersama  BBPOM Mataram, Dinas Perdagangan Kota Mataram dan Satgas Pangan Polda NTB, Sat Pol PP NTB, Dinas Perindustrian NTB, Dinas Kesehatan NTB, Dinas Kominfotik melakukan inspeksi mendadak (sidak) pengawasan parcel (Bingkisan Lebaran) di sejumlah pusat perbelanjaan di Kota Mataram.

Sidak Tim Pengawasan Terpadu Dinas Perdagangan Prov. NTB yang dipimpin oleh Kepala Dinas Perdagangan Prov. NTB Dra. Hj. Putu Selly Andayani, M.Si., di beberapa pusat perbelanjaan wilayah Kota Mataram seperti di Jembatan Baru, Jl. Langko Kota Mataram, ditemukan beberapa produk dalam kemasan parcel yang masa kadaluwarsanya dibawah 6 bulan, yaitu: 

Sementara di Rubby Supermarket, Pejanggik Kota Mataram, dari hasil pengecekan tidak ditemukan  produk parcel yang kadaluwarsanya di bawah 6 bulan.

Selanjutnya di Hero Supermarket Mataram Mall, hasil pengawasan juga tidak ditemukan produk parcel yang kadaluwarsanya di bawah 6 bulan dan masing-masing kemasan parcel telah diisi daftar produk serta tanggal kadaluwarsa dari masing-masing produk.

Begitu juga sidak di sejumlah pusat perbelanjaan lainnya seperti MGM Supermarket, Niaga Supermarket, Transmart Supermarket, dan beberapa pusat perbelanjaan lainnya tidak ditemukan produk parcel yang kadaluwarsa.

Kepala Dinas Perdagangan Provinsi NTB Hj. Putu Selly Andayani mengatakan secara umum hasil pengawasan tidak ditemukan produk parcel yang telah kadaluwarsa. Adapun temuan produk parcel yang masa kadaluwarsanya di  bawah 6 bulan sudah diarahkan oleh tim untuk segera diganti serta diberikan himbauan agar pelaku usaha mengikuti ketentuan sebagaimana surat edaran yang telah diberikan oleh BBPOM di Mataram.

"Kita arahkan untuk di ganti isi parcel yang mendekati masa kadaluarsa, selain itu kita himbau agar pelaku usaha mengikuti aturan dan edaran dari balai POM," ujar Selly.

Selly juga mengatakan kegiatan pengawasan akan terus dilakukan oleh Tim Terpadu Satgas Pangan Prov. NTB baik untuk produk parcel, harga dan ketersediaan Bapok serta peredaran produk pangan yang mengandung bahan berbahaya untuk memberikan rasa aman bagi masyarakat dalam menyambut Hari  Besar Keagamaan Nasional (HBKN)  hari raya Idul Fitri 1440 H.(RZ)

No comments:

Post a Comment