Wednesday, July 10, 2019

Kinerja OPD Tergantung Pejabat Eselon III Dan IV


Lombok Timur (postkotantb.com)- Sebanyak 47 Jabatan Administrator dan Pengawas ( Jabatan Struktural Eselon III dan IV ) Lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Timur, dilantik Bupati H.M.Sukiman Azmy berdasarkan surat Keputusan Bupati Lombok Timur Nomor : 414/821.3/348/KPSDM/2019. Tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Pegawai Negeri Sipil Dalam dan Dari Jabatan Administrator dan Pengawas (Jabatan Struktural Eselon III dan IV) Lingkup Pemerintah Kabupaten Lombok Timur. Acara Pelantikan dilaksanakan, Rabu (10/7) bertempat diruang Loby Kantor Bupati Lombok Timur. Hadir pada acara pelantikan tersebut Wakil Bupati Lotim, Para Assisten, Kepala OPD, dan para Pejabat yang dilantik.

Bupati H.M.Sukiman Azmy dalam arahanya menyampaikan, kekosongan jabatan akiabat dilantiknya Pejabat Eslon II, dua hari yang lelu, menjadi alasan mendasar untuk langsungkan pelantikan pejabat eselon III dan IV, akibat dari pelantikan tersebut banyak pejabat eselon III menjadi eselon II, terjadi promosi dan kekosongan pada jabatan yang di tinggalkan jelasnya.

Lanjut Bupati ada beberapa bagian atau jabatan yang tidak bisa lama kosongnya, itulah sebabnya, salah satu alasan pelantikan eselon III dan IV ini. Kekosongan jabatan, karena ditinggalkan pejabatnya dan ini merupakan kepentingan organisasi. Pelantikan para eselon ini pun dengan cara menggeser posisi jabatan atau pengangkatan pejabat baru pungkasnya.

Ia mengingatkan kepada pejabat yang dilantik bahwa mereka adalah andalan eselon II yang menjadi tulang punggung kepala dinas, mata telinga, kaki tangan kepala dinas. Baik buruknya, berhasil tidaknya pelaksanaan tugas di OPD banyak bergantung pada eslon III dan eslon IV .” Tegas Bupati. 

Bupati menyebutkan empat hal yang harus diperhatikan dan dilakukan untuk mendapatkan promosi jabatan. Yang pertama adalah Prestasi, seseorang bisa dipromosikan dengan cepat bila dia memiliki prestasi” ungkapnya. 

Prestasi  dimaknainya dengan hasil kerja yang dilakukan dengan seluruh kemampuannya baik intelektual, spiritual, ataupun emosional, sehingga kita terbiasa dengan krikil krikil dalam hidup. Yang kedua adalah dedikasi atau pengabdian untuk sebuah jabatan dalam berkerja.

Yang ketiga adalah loyalitas (kepatuhan ) pada setiap kebijakan pemimpin dan peraturan yang ada. sekarang kita tidak butuh orang pintar, yang kita butuhkan adalah orang yang memiliki loyalitas tinggi dan yang Keempat adalah tidak tercela tutup Bupati. (Dharma)

No comments:

Post a Comment