Thursday, July 11, 2019

ITDC Akan Bangun Evacuation Shelter di 14 Titik di Sepanjang Pantai Kawasan Mandalika

Komisari ITDC Lalu Gita Aryadi menyatakan pihaknya akan membangun shelter di 14 titik di sepanjang pantai kawasan Mandalika

Mataram (postkotantb.com)- Sadar adanya potensi bencana di kawasan Selatan Lombok membuat manajemen ITDC meningkatkan kewaspadaan serta berupaya memininalisir resiko. Bahkan dalam waktu dekat ITDC rencananya akan membangun evacuation shelter yang tersebar di 14 titik sepanjang 16 kilo pantai Kuta Mandalika.

Komisaris ITDC Lalu Gita Aryadi menjelaskan,  pembangunan shelter di 14 titik tersebut sebagai Upaya mitigasi bencana di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, selain memberikan edukasi tentang bencana kepada masyarakat di sekitar Mandalika dan membuat papan tanda evakuasi.

"Jadi shelternya tersebar di 14 titik di sepanjang pantai Kuta ini, insyaAllah kapasitas satu shelter itu bisa menampung 500-1000 orang," papar Gita.

Selain membangun shelter tambah Gita juga akan di pasang early warning system atau pringatan dini tsunami. Selain itu lanjut Gita ITDC bersama dengan BPBD dan BMKG melakukan simulasi kegempaan dan bencana.

Semua perangkat dan pembangunan yang berkaitan dengan gempa dan tsunami ini akan segera di upayakan terpasang dan terbangun di kawasan ITDC. Lalu Gita menegaskan, bahwa pembangunan shelter dan early warning system tersebut sebagai upaya memberikan rasa nyaman kepada wisatawan.

"Jadi ini sebagai upaya, dalam master plant kami itu sudah terencana dan ini ikhtiar kami untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepad wisatawan," Pungkas Lalu Gita.(RZ)

No comments:

Post a Comment