-->
  • Label

    Copyright © Pos Kota NTB
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Operasi Patuh 2019 Dimulai, Polres Loteng Apel Gelar Pasukan

    , Friday, August 30, 2019 WIB Last Updated 2019-08-30T06:47:10Z

    Lombok Tengah (postkotantb.com)- Sebagai bentuk kesiapan dari jajaran kepolisian Polres Lombok Tengah menggelar apel pasukan Operasi Patuh 2019, bertempat dihalaman Mapolres Loteng, Kamis (29/8). Operasi Patuh 2019 ini dimulai sejak Kamis (29/8) hingga (11/9) mendatang. Operasi Patuh bertujuan untuk meningkatkan disiplin berlalulintas tersebut dilaksanakan serentak oleh jajaran kepolisian diseluruh wilayah Indonesia, termasuk wilayah Lombok Tengah.

    Kapolres Loteng, AKBP Budi Santosa pada kesempatan tersebut menegaskan bahwa, pada operasi Patuh kal ini beberapa sasaran dari aparat yakni, pelanggar mulai dari pengendara yang menggunakan rotator yang bukan peruntukannya, pengendara yang tidak menggunakan helm, hingga yang menggunakan ponsel saat berkendara, serta beberapa pelanggaran berkendara lainnya.

    Dijelaskan bahwa, pelaksanaan operasi ini tidak lain adalah salah satu upaya yang dilakukan untuk memberikan penyadaran dan pemahaman kepada masyarakat akan pentingnya mematuhi Rabu dan peraturan lalulintas dalam berkendara. Hal tersebut sangatlah penting karena tidak lain bertujuan untuk keselamatan pengendara.

    Selain itu, yang menjadi fokus perhatin saat ini adalah keselamatan bagi pengguna jalan. Keselamatan memang sesuatu yang pertama dan utama dalam berlalu lintas, terang Kapolres Loteng.

    Lebih lanjut di tegaskan bahwa, yang menjadi sasaran prioritas Operasi Patuh 2019 kali ini yakn, pengemudi lawan arus, pengemudi dibawah umur, pengguna rotator atau sirine bukan peruntukannya, menggunakan hand phone ( HP ) saat berkendara, pengendara sepeda motor yang tidak gunakan helm SNI, pemotor yang menggunakan narkoba atau mabuk saat berkendara serta berkendara melebihi batas kecepatan.

    Sementara pihak aparat kepolisian yang bertugas telah dibekali dan dipersiapkan, dengan tetap mengedepankan 3S (Senyum, Sapa, Salam) dalam bertugas. Dimana operasi ini dilaksanakan dengan mengutamakan tindakan preventif berupa kegiatan penyuluhan, patroli dan penggelaran personil berseragam pada strong poin atau pada titik – titik tertentu yang rawan akan tindak pidana lainnya.

    Sementara tindakan berupa penegakan hukum penilangan yang terukur bagi para pelanggar lalu lintas tetap dilakukan, dngan tanpa mengesampingkan kegiatan preemtif dan preventif.

    “Yang terpenting selama menjalankan tugas, tetap mengedepankan 3S, serta menghindari tindakan pungutan liar (pungli) dan melaksanakan tugas gas sesuai aturan dan SOP,” tegas Kapolres dihadapan peserta apel yang dihadiri oleh jajaran kepolisian Polres Loteng, Kodim 1620/Lombok Tengah, Brimob dan Dinas Perhubungan Lombok Tengah. (Said)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini